GERBANG INFORMASI KITO

Desa Sekamis Target Sentra Budidaya Jernang

BAGI BIBIT: Tampak Kades Sekamis M Aris menyerahkan bibit jernang kepada warga disaksikan Pendamping Desa, Babinsa, BPD, perangkat desa serta tokoh masyarakat. Poto:adi

SAROLANGUN-Desa Sekamis Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) menargetkan jadi sentra penghasil getah Rotan Jernang di Kabupaten Sarolangun. Demikian disampaikan Kepala Desa Sekamis M Aris, kepada harian ini saat pembagian bibit rotan jernang kepada warga Desa Sekamis, Minggu (15/10).

M Aris mengatakan, 178 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Sekamis mendapatkan bibit Rotan Jernang gratis dari desa yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2017.

‘’Setiap KK mendapatkan 79 batang bibit Rotan Jernang,’’ kata M Aris.

Dana Desa dialokasikan untuk pembelian bibit Rotan Jernang berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa. Sebab budidaya Rotan Jernang dinilai sangat potensial sebagai penunjang ekonomi masyarakat Desa Sekamis yang sebagian besar merupakan petani karet.

Baca Juga : 

‘’Selama ini mata pencaharian masyarakat hanya terfokus pada motong (menyadap) karet. Dengan budidaya jernang ini Insya Allah perekonomian masyarakat Desa Sekamis tambah maju menuju Ekonomi yang Mandiri pada tahun 2022,’’ ucap Kades Sekamis.

Budidaya Rotan Jernang ini kata Kades tidak begitu rumit dan lahan masyarakat sangat mendukung. Dalam jangka waktu sekitar lima tahun Rotan Jernang sudah menghasilkan getah. Getahnya sendiri memiliki nilai ekonomi yang sangat tingga perkilonya mencapai harga jutaan rupiah.

‘’Getah Jernang sangat dicari, dan harganya sangat mahal sebagai bahan baku obat-obatan dan kosmetik, pemasarannya juga tidak susah. Saya optimis program ini akan berhasil dan mengangkat perekonomian masyarakat Desa Sekamis,’’ kata M Aris.

Acara serah terima bibit Rotan Jernang kepada masyarakat disaksikan langsung Pendamping Desa, BPD, Kadus, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat serta Babinsa Desa Sekamis dari Koramil 02 Muara Limun Kodim 0420/Sarko.(se9)