GERBANG INFORMASI KITO

Desa Lubuk Sayak Berhasil Gelar MTQ Kecamatan Semeriah Tingkat Kabupaten

Kafilah Desa Lubuk Sayak saat pawai ta’aruf

SAROLANGUN-Sebagai salahsatu desa pemekaran di Kecamatan Pelawan, namun Desa Lubuk Sayak sudah berhasil menunjukkan berbagai kemajuan dan menyetarakan diri dengan desa-desa lainnya di Kecamatan Pelawan. Dibawah kepemimpinan Subhan sebagai Kades, Desa Lubuk Sayak berhasil melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 12 tingkat Kecamatan Pelawan setara dengan kemeriahan MTQ tingkat Kabupaten.

Kabag Kesra, H Puadi didampingi Camat Pelawan menyerahkan piala pada salah satu pemenang.

MTQ Kecamatan Pelawan di Desa Lubuk Sayak dipusatkan di Ponpes Saadatuddarein. Dibuka oleh Bupati yang diwakili Wabup H Hillalatil Badri, Sabtu (5/10) malam dan ditutup Selasa (8/10) malam oleh Bupati Sarolangun yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs Kholidi. Kemeriahan MTQ tersebut ditandai dengan membludaknya warga yang menyaksikan pembukaan dan penutupan MTQ. Bahkan disetiap cabang perlombaan selalu dipenuhi penonton. Warga Lubuk Sayak dan sekitarnya penuh riang gembira dan dengan semangat gotong royong bersatu padu mensukseskan kegiatan MTQ di desanya.

MTQ yang mengangkat tema ‘mewujudkan masyarakat cinta Alquran dan berakhlaqul karimah’ diikuti 14 desa yang ada di Kecamatan Pelawan. Cabang yang diperlombakan antara lain, Tilawah, Hifzil Qur’an, Barzanji, Syahril Qur’an, solat jenazah, qosidah rebana dan cabang-cabang lainnya. Menariknya, dalam MTQ Kecamatan di Lubuk Sayak ada cabang lomba azan dan ayat pendek yang khusus diikuti peserta dari Desa Lubuk Sayak. Serta ada juga lomba azan antar Ketua RT di desa tersebut.

Berhasil sebagai juara umum Desa Sungai Merah, disusul Desa Penegah dan Desa Lubuk Sayak. Kades Lubuk Sayak Subhan dalam sambutannya saat penutupan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga desa Lubuk Sayak dan sekitarnya yang penuh semangat mensukseskan acara tersebut. Subhan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kades di Kecamatan Pelawan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten serta semua pihak yang turut serta mendukung MTQ di Desa Lubuk Sayak.

‘’Meski saya baru menjabat sebagai Kades baru sekitar 6 bulan, namun berkat kekompakan seluruh masyarakat kita berhasil menggelar MTQ yang sangat meriah,’’ katanya.