sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Desa di Kampung 4 dan Bathin VIII Layak Mekar

H Hurmin

SAROLANGUN-Sejumlah desa yang ada di Kecamatan Sarolangun terutama di wilayah Kampung 4 dan Kecamatan Bathin VIII seyogyanya sudah layak dimekarkan. Hal tersebut disampaikan oleh H Hurmin, SE, salah satu Anggota DPRD Sarolangun Fraksi PPP saat dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin (26/09).

Hurmin mengatakan, dirinya sangat respon terhadap wacana pemerintah melakukan pemekaran kecamatan dan desa, namun dia melihat di wilayahnya ada beberapa desa yang sudah layak dimekarkan.

“Sudah pernah kita usulkan ke Pemkab, sebab saya lihat banyak desa yang sudah layak mekar, contoh Sungai Baung, di Bathin VIII ada Desa Tanjung, Rantau Gedang, Limbur, Teluk Kecimbung, di lihat dari jumlah penduduk sudah layak mekar, dan syarat pemekaran desa itu hanya minimal 5 tahun sudah terbentuk jadi desa,” katanya.

Saat masukan itu disampaikan pihak Pemkab menyambut baik, sebab pemekaran itu menurut dia berdasarkan riset seperti yang dilakukan oleh pemerintah baru-baru ini dengan melibatkan pihak UGM.

“Pada prinsipnya kita sangat setuju adanya langkah Pemkab lakukan riset ke kecamatan dan Desa, seperti yang akan dimekarkan wilayah Batang Asai dan Mandiangin, saya harap tentunya tidak hanya kecamatan saja akan tetapi desa yang layak dimekarkan harus jadi pertimbangan Pemkab, pandangan umum fraksi sudah kami masukkan,” jelasnya.

Dilakukan pemekaran desa harapannya pembangunan disebuah desa bisa fokus dan perogram pemerintah bisa berjalan baik, putaran ekonomi masyarakat bisa berubah lebih baik lagi.

“Kalaulah pemekaran desa dilakukan, bagi yang cukup syaratnya lakukanlah, supaya pembangunan bisa fokus, program bisa berjalan baik, ekonomi masyarakat setempat bisa berubah, pendidikan juga demikian. Jadi sangat banyak manfaat dari pemekaran ini, dan tentunya jika sudah banyak desa, pemekeran kecamatan juga pasti bisa dilakukan,” pungkasnya.(so31)