sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Depot Air Minum di Sarolangun Banyak Tidak Layak Konsumsi

SAROLANGUN-Saat ini usaha depot air minum di Kabupaten Sarolangun kian menjamur, ditambah lagi dengan usaha air minum yang dimasak secara manual, sehingga mendapat perhatian serius dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun.

H Adnan SE MKes Kepala Dinkes Sarolangun saat dibincangi sejumlah wartawan di ruang kerjanya kemarin (9/8) mengatakan dalam waktu dekat bakal melakukan pemeriksaan depot air minum yang ada di Kabupaten Sarolangun, baik dalam kota maupun di kecamatan-kecamatan.

“Jika anggarannya disahkan dalam APBDP nanti, Insyaallah Oktober tim kita mulai turun,”ujar Adnan.

Dijelaskannya, untuk saat ini kendala pemeriksaan karena anggarannya tidak ada, sehingga selama ini pemeriksaan dilakukan atas kesadaran pemilik tempat usaha, yang ingin usahanya dilakukan pemeriksaan, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, untuk menentukan layak konsumsi atau tidak.

Sehingga saat tim mau melakukan pemeriksaan harus memberi tahu pemilik depot terlebih dahulu, untuk memastikan anggarannya.

”Idealnya kita harus turun mendadak, dikhuatirkan kalau diberi tahu terlebih dahlu pemilik depot akan siap-siap dan membersihkan tempat usahanya, sehingga saat pemeriksaan seolah-olah tidak ada masalah,”tambahnya.

Disinggung bagaimana dengan hasil pemeriksaan sebelumnya, apakah ditemukan depot yang tidak layak konsumsi atau tidak, Adnan menegaskan bahwasanya disetiap kecamatan dalam kabupaten sarolangun ditemukan depot yang tidak layak konsumsi, hanya saja saat ini pihak dinkes terus melakukan pembinaan pada pemilik depot.

“Satu atau dua depot setiap kecamatan ditemukan yang tidak layak konsumsi, makanya masyarakat harus teliti memilih tempat isi ulang air minum,”tandasnya.(so10)