sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Delapan Warisan SAD Resmi Miliki Hak Paten

Tampak pertunjukkan tari  olek Anak SAD

SAROLANGUN-Upaya Pemkab Sarolangun melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk mendapatkan hak paten terhadap warisan budaya yang dimiliki warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun akhirnya membuahkan hasil. Tahun ini sebanyak 8 warisan budaya dari SAD itu sudah memiliki hak paten resmi dari pemerintah pusat. Tentunya dengan adanya hak paten ini, membuat warisan tersebut murni berasal dari Kabupaten Sarolangun, dan tidak bisa lagi di klaim oleh daerah luar yang memiliki budaya yang sama untuk dipatenkan.

Hak paten itu didapatkan setelah Dinas Dikbud mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun ini untuk bisa mendapatkan hak paten, dan dari usulan tersebut ternyata diteruskan hingga ke Pemerintah Pusat. Akhirnya Provinsi Jambi, berhasil mendaparkan hak paten 10 warisan budaya, delapan diantaranya berada di Kabupaten Sarolangun.

Kadis Dikbud, H Lukman kemarin (28/08) mengatakan, 8 warisan budaya SAD yang diberikan hak patennya itu diantaranya Tari Elang, Ambung, Kalung Sebalik Sumpah, batas tanaman masyarakat dan SAD yang dijadikan hutan, dan lain sebagainya.

[junkie-button url=”http://sarolangunonline.com/?p=11675&page=2″ style=”blue” size=”small” type=”square” target=”_self”] Halaman Selanjutnya >>>> [/junkie-button]