sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Delapan Desa Belum Cairkan Dana Desa

SAROLANGUN-Memasuki November saat ini, masih ditemukan delapan desa yang belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap II yang bersumber dari APBN, yang tersebar dalam empat kecamatan yaitu Kecamatan Limun, Air Hitam, Bathin VIII dan Kecamatan Singkut.

Drs H Ahmad Zaidan MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sarolangun pada harian ini kemarin (7/11) mengatakan, berdasarkan hasil koordinasinya dengan pihak BPKAD Sarolangun masih ada delapan desa yang belum melakukan pencarian DD, karena belum mengajukan proses pencairan.

“Kalau kemarin sepuluh desa, dan kebetulan hari ini dua desa sudah mengajukan pencairan yaitu Desa Tamalang dan Simpang Bukit, artinya untuk saat ini tinggal delapan desa lagi,”ujar Zaidan.

Dipaparkan Zaidan dari delapan desa tersebut yang paling mendominasi terdapat di Kecamatan Limun sebanyak empat desa, yaitu Pulau Pandan, Lubuk Bedorong, Maribung dan Tanjung Raden.

“Selebihnya ada di Kecamatan Air Hitam Desa Baru, Kecamatan Bathin VIII Desa Pulau Lintang dan Desa Bukit Talang Emas Singkut,”jelasnya.

Disinggung bagaimana dengan waktu yang tersisa apakah memungkinkan untuk pengerjaan anggaran tersebut, Zaidan mengaku jika cepat dilakukan pencairannya bisa terkejar, namun sebaliknya bagi kepala desa yang lalai sudah dipastikan tidak terkejar.

“Insyaallah terkejar asalkan cepat dicairkan,”tandas Zaidan.

Sementara itu Camat Limun M Dahlan saat dikonfirmasi via ponselnya terkait hal tersebut tidak membantah, dan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kades yang bersangkutan.

”Mudah-mudahan dua atau tiga hari ini diajukan pencairannya,”ujar Dahlan yang mengaku lagi berada di Jakarta sore kemarin.(so10)