sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

DD Tahap Tiga Cair Oktober

SAROLANGUN-Pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga tahun 2017 ini yang bersumber dari APBN, diperkirakan bakal terealisasi pada Oktober mendatang. Pencairan DD tahap tiga diperkirakan sebesar Rp 46 M lebih. Hal ini di dasari pada penerimaan DD yang  diterima Kabupaten Sarolangun berjumlah Rp 117 M lebih.

Kepala BPKAD Sarolangun H Iskandar, MM kemarin (27/09), mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih menunggu transperan dana DD dari pusat.

“Hingga saat ini kita masih menunggu dikirim dari pusat, dan diperkirakan bulan Oktober sudah masuk,” katanya.

Dana yang bakal masuk sesuai dengan tahapan yang belum cair dengan jumlah dana sekitar Rp 46 M lebih merupakan sisa dari pencairan sebelumnya.

Penggunaan DD selama ini masih terarah dan terukur, sebab setiap pencairan wajib menyerahkan SPJ dana yang sudah digunakan.

“Saya kira masih baik dan tertib, apalagi komitmen penegak hukum dalam mengawal penggunaan DD terus dilakukan, dan harapannya tentu saja tidak ada penyelewengan pada penggunaan DD di Sarolangun,” jelasnya.

Terkait dengan ada beberapa desa yang melaporkan dugaan penyalahgunaan DD, pihaknya akan bersikap kooperatif dan akan meneruskan kepada pimpinan.

“Memang ada laporan yang masuk, tentu saja ini jadi atensi dan sudah kita sampaikan kepada Bupati, dan saya kira ini harus jadi pelajaran bagi semua kepala desa, sebab setiap kesalahan akan mendapatkan sanksi,” pungkasnya.(so31)