sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Cek Endra Berpotensi Lawan Kotak Kosong

setujuSAROLANGUN-Sampai pukul 16:00 WIB kemarin (10/8) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun memastikan tidak ada calon kepala daerah pada pilbup 2017 mendatang melalui jalur perseorangan.

Asriadi, Komisioner KPU Sarolangun saat dihubungi harian ini sore kemarin mengatakan, dengan kondisi tersebut mau tidak mau calon kepala daerah harus maju melalui jalur parpol, dengan menggunakan sedikitnya dua puluh persen kursi dari tiga puluh lima kursi DPRD Sarolangun atau tujuh kursi.

“Sejak kita buka penerimaan berkas lima hari yang lalu, sampai hari ini (kemarin,red) tidak ada yang menyerahkan berkas,”ujar Asriadi.

Disinggung bagaimana jika ada kepala daerah yang melakukan borong partai dan tidak memungkinkan calon lain untuk maju, Asriadi menjelaskan, kandidat tersebut akan melawan kotak kosong, dengan format surat suara yang khusus.

“Nanti bukan coblos calon A atau B, namun setuju atau tidak setuju,”tambahnya.

Lebih jauh, diterangkan Asriadi, jika memang dalam pemilukada nanti banyak yang memilih tidak setuju, maka calon tersebut dinyatakan kalah, dan akan dibuka pendaftaran ulang.

Perlu diketahui, saat ini ada sejumlah partai politik yang sudah menentukan sikap ada salah satu calon Kepala daerah, seperti Partai Golkar, PKS, PKPI yang dikabarkan telah berlabuh ke H Cek Endra. Disamping itu ada sejumlah cakada yang belum mendapat partai sama sekali.(so10)