sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Cek Endra Akan Tambah Tenaga Penyuluh

SAROLANGUN – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Sarolangun, saat ini hanya memiliki 4 orang tenaga penyuluh perikanan, yang ditugaskan untuk membantu para peternak ikan di 10 kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun.

Tentu dengan jumlah tenaga tersebut, diyakini masih jauh dari cukup, sehingga perkembangan sektor perikanan masih saja belum maksimal.

Hal itu dikatakan Plt Kadiskanak Asnawi, SP, MH, kemarin (04/10), bahwa ke empat tenaga penyuluh tersebut ada penyuluh dari pusat, PNS dan tenaga honorer. namun dari ke empat tersebut tidak ada dokter hewan yang menangani secara khusus soal perikanan.

“Hanya 4 orang penyuluh, untuk mengurus kabupaten ini, dokter hewan menangani ikan belum tersedia di dinas peternakan. Jadi secara tekhnis masih kekurangan tenaga,”katanya.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan mencoba mengusulkan penambahan penyuluh perikanan, untuk memenuhi satu penyuluh satu kecamatan.

“Ke depan akan diusulkan satu kecamatan minimal punya satu penyuluh perikanan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, belum lama ini pada saat melakukan panen raya Ikan Nila di Desa Bukit Bumi Raya, Kecamatan Singkut, mengatakan jika memang kekurangan tenaga penyuluh perikanan, Diskanak silahkan menambahkannya, meskipun statusnya sebagai tenaga honorer, tapi memang orang yang memiliki skill di bidang itu.

“Selama ini belum ada yang melamar dokter perikanan, tapi kalau masih kurang tenaga kita, akan kita tambah 10 dokter ikan yang kita perlukan, jadi tiap kecamatan ada satu tenaga,” pungkasnya.(so31)