sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

CE-Hillal “Naik Rumah Gedang Nan Batanggo”

 

Penyambutan CE-Hillal secara adat di Rumah Dinas Bupati

SAROLANGUN- Usai Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sarolangun dalam rangka sertijab Pj Bupati Arief Munandar ke Bupati Cek Endra dan Wakil Bupati Hillalatil Badri, Selasa (23/5),Prosesi Penyambutan Raja di Bumi Sepucuk Adar Serumpun Pseko langsung di gelar.

Prosesi penyambutan H Cek Endra yang secara adat digelar Temenggung Setio Rajo dan H Hillalatil Badri, artinya nak naik rumah gedang nan batanggo, rebah nan batiti, titian jalan kejenang.

H Cek Endra dan H Hillalatil Badri dijemput oleh Ketua Lembaga Adat Sarolangun oleh Drs H Thabroni Rozali MM dengan gelar Datuk Temenggung Kukuh Setio Negeri  ke kediaman pribadi dan diarak secara adat, lalu diantar menuju Rumah Dinas (Rumdis) Bupati.

Prosesi adat penyambutan Bupati dan Wakil Bupati baru tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi warga sarolangun, hal tersebut terlihat dari antusiasnya warga yang melihat maupun yang mengarak menuju Rumah Dinas Bupati.

Selain itu, Hadir juga datuk Hasan Basri Agus dengan gelar Temenggung Putro Joyodiningrat, Ketua LAM Provinsi Jambi, datuk H Hasip Kalimuddin Syam dengan gelar Adipati Agung mangkunegoro, Wakil LAM Jambi, Datuk Rio Tanum Setio Negeri, datuk H Pahrul Rozi dengan gelar Penghulu Pengimbang Rajo.(so10/aji)