sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

CE-Hilal Optimis Dilantik Mei

TERPILIH: Ketua KPU Ahyar menyerahkan berita acara pleno penetapan pasangan H Cek Endra-H Hillalatil Badri sebagai bupati dan wabup terpilih hasil Pilkada 15 Februari kemarin. Poto:adi

SAROLANGUN-Setelah menetapkan Drs H Cek Endra dan H Hillalatil Badri (CE-Hilal) sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih 2017-2022, melalui pleno terbuka yang digelar pada Kamis (6/4) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun akan mengusulkan pelantikan CE-Hilal ke DPRD Sarolangun hari ini (7/4).

Keterangan ini dikatakan Ketua KPU Saroalngun, Ahyar, SThI, seusai membaca salinan penetapan Calon Bupati dan Cawabup terpilih 2017, kemarin.

“KPU mengusulkan pelantikan Bupati dan Wabup ke DPRD, kemudian DPRD menindaklanjuti pengusulan ke Pemkab Sarolangun, lalu Pemkab meneruskan ke Pemprov Jambi, selanjutnya Pemprov meneruskan ke Kemendagri,”kata Akhyar.

Dikatakan Akhyar, setelah dilakukan pengusulan pelantikan bupati dan Wabup terpilih ke DPRD, maka tahapan Pilkada Sarolangun 2017 rampung.

“Terkahir tugas KPU, melakukan pleno terbuka penetapan bupati dan Wabup terpilih dan  mengusulkan pelantikan bupati dan Wabup terpilih,”katanya.

Terpisah, Kasubag Pers Sekretariat DPRD Sarolangun, H Domrah saat dimintai keterangan via ponsel menyebutkan, direncanakan hari ini (7/4) akan digelar paripurna penetapan Bupati dan Wabup terpilih 2017-2022.

“Jika tidak ada aral melintang hasil pleno terbuka penetapan bupati dan Wabup terpilih oleh KPU akan diparipurnakan beso (hari ini, red),” katanya saat dihubungi wartawan, kemarin.

Sementara itu,  Wabup terpilih, H Hillalatil Badri saat diwawancarai sejumlah wartawan seusai menghadiri pleno terbuka KPU Sarolangun, kemarin mengatakan, setelah dilakukan penetapan dan pengusulan pelantikan oleh KPU, Ia menilai pelantikan CE-Hilal sebagai bupati dan Wabup Sarolangun 2017-2022 berpeluang dilantik Mei 2017 mendatang.

“Kami sudah koordnasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, jika pelantikan kepala daerah se Indonesia dilakukan pada tiga tahapan.  Yakni, Mei, Juli dan Desember 2017,”katanya.

Menurut Hilal, pelantikan kepala daerah yang dilakukan pada Mei 2017, diantaranya daerah yang tidak bermasalah di MK. Sedangkan pelantikan dilakukan Juli 2017, jika daerah yang perkara Pilkada sudah memiliki kekuatan hukum di MK, sedangkan pelantikan Desember 2017 dilakukan untuk Ibu Kota Jakarta, karena Pilkada berlangsung putaran kedua.

“Kami optimis pelantikan bisa digelar pada Mei 2017,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan harian ini di KPU Sarolangun, kemarin terlihat suasana pleno terbuka berjalan aman dan kondusif. Pengamanan dilakukan secara ektra ketat oleh kepolisian dan TNI. Dalam pleno KPU kemarin hanya dihadiri H Hillalatil Badri, sedangkan H Cek Endra dikabarkan sedang melakukan ibadah umroh. Sementara Paslon nomor urut 1 Madel-Musharsyah tidak hadir.(so9)