sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Butuh Dana 30 Miliar Untuk Rehab Total Pasar Atas

PASAR ATAS: Kondisi Pasar Atas Sarolangun. Poto:wahid

SAROLANGUN –  Kondisi Pasar Atas Sarolangun, di Kelurahan Pasar, Kecamatan Sarolangun, saat ini memang butuh perbaikan dan rehab,  agar pasar yang berada di pusat Kota Sarolangun itu bisa tertata lebih baik lagi, dan masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman dan lancar.

Namun, untuk melakukan perbaikan serta rehab total pasar tersebut, bukanlah perkara mudah.  Menurut Kabid Perdagangan, Disperindag, UKM dan Koperasi, Amin Faisal, membutuhkan anggaran yang besar, yakni lebih kurang 30 miliar.

Dengan anggaran sebesar itu, katanya jika melihat kondisi APBD Sarolangun, tentu anggaran Daerah tidak akan mampu mengakomodir tersebut.

“Rehab total pasar atas itu, kalau kita perkirakan gambar lama itu sekitar 30 miliar,  dengan kondisi APBD kita pasti tidak sanggup,” katanya saat dibincangi koran ini.

Maka dari itu,  Ia menyebutkan untuk melakukan rehab total pasar atas tersebut,  pihaknya akan mengupayakan perhatian dari Kementerian Perdagangan, RI, melalui Dana Tugas Pembantuan (TP). “Nanti kita konsultasi ke Kementerian pusat. Gimana cara mengambil Dana TP ini, untuk rehab total. kita minta tolong pemerintah pusat agar perhatikan pembangunan Pasar Atas Sarolangun,”tukasnya.

Untuk diketahui pada tahun 2018 Kementerian Perdagangan mentargetkan pembangunan pasar sebanyak 1.592 unit, sebagaimana yang dikutip dari Media online, www.pikiran-rakyat. com, pada Kamis (04/01) Kementerian perdagangan, yang disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mengalokasikan anggaran senilai 5,5 triliun, untuk membangun pasar rakyat. Terdiri dari 267 pasar melalui dana Tugas Pembantuan, 1. 275 dibangun pasar melalui Dana Alokasi khusus (DAK) dan sisanya 50 pasar akan dibangun melalui dana Kementerian Koperasi dan UKM.(so31)