sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bupati Sambut Kunjungan Dirut PT Semen Baturaja 

Poto bersama Bupati Cek Endra dan Dirut PT Semen Baturaja Jobi

SAROLANGUN-Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Senin (25/02) kemarin menyambut baik kedatangan Direktur Utama PT Semen Baturaja Jobi Triananda Hasyim, beserta rombongan di rumah dinas Bupati Sarolangun.

Kedatangan para Direksi PT Semen Baturaja ini, dalam rangka melakukan pemaparan terkait konsep dan rencana pembangunan pabrik semen baturaja di Wilayah Bukit Bulan, Kecamatan Limun, yang dinamakan dengan Pabrik Sarolangun 1.

Pemaparan pembangunan Pabrik Sarolangun itu dilakukan oleh Kepala Dinas PUPR Sarolangun Ibnu Ziyadi, ST, MH, mewakili Pemkab Sarolangun. Pemaparan juga dilakukan perwakilan PT Semen Baturaja.

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Kejari Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, SH, Sekretaris Daerah Drs H Thabroni Rozali, MM, Asisten I Drs H Arif Ampera, ME, para Kepala OPD, jajaran Direksi PT Semen Baturaja, seperri Direktur Produksi Dakoni, Direktur Umum dan ESDM Amrullah, serta para tokoh masyarakat Limun salah satunya H Pahrul Rozi, MSi, yang juga mantan Wakil Bupati Sarolangun.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan, bahwa pemerintah Kabupaten Sarolangun sangat berkomitmen dalam mewujudkan pembangunan pabrik semen di Kabupaten Sarolangun. Ia juga sangat menyambut baik dengan konsep pembangunan pabrik semen nantinya dengan grandfactory atau pabrik yang berwawasan lingkungan, karena diketahui di lokasi ada potensi wisata Goa Calow Petak. Dengan kehadiran pabrik ini, tentu akan membuat wisata Goa Calow Petak semakin indah.

“Kita ketahui lokasi 3.200 hektar sebagian besar adalah bukit bebatuan.  Selama ini kita sosialisasi, dan masyarakat Kecamatan Limun saat ini sedang menunggu kapan akan dibangun, karena ini ada BUMN tentu ada aturan yang mengikat. Amdal tinggal finishing saja, sekarang sudah sidang terakhir, menjelang bulan Juni ini sudah selesai,” katanya.

Jajaran PT Semen Baturaja, Sekda Thabroni, Kejari Ikhwan dan para Kepala OPD yang hadir

Bupati juga mengatakan, tahun 2019 ini Pemkab Sarolangun akan membangun tiga jembatan menuju lokasi pabrik semen tersebut, dan pada tahun depan jalan akan diselesaikan, namun tidak cukup satu dua tahun anggaran.

“Saya jamin bahwa untuk lalu alat berat dan alat konstruksi sudah bisa dilalui, untuk titik-titik tertentu kita selesaikan tahun depan. Infrastruktur ini harus sejalan program produksi, dukungan pemerintah harus, kalau tidak bisa dari kabupaten atau provinsi, saya akan berjuang ke pusat, minta dukungan pak Menteri,” katanya.

Direktur Utama PT Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasyim, mengatakan, bahwa memang pihaknya sebelumnya terkendala dalam proses administrasi seperti perizinan, namun berkat dorongan dan bantuan Bupati Sarolangun, semua kendala tersebut bisa diatasi.

Katanya, ada lebih kurang 3.000 hektar IUP, yang pada tahun ini diperkirakan secara administrasi sudah selesai. Pihak PT Semen Baturaja juga sudah melakukan design peralatan pabrik, yang harus menyesuaikan kebutuhan pabrik semen yang efisien, ramah lingkungan, tidak bising dan tidak berdebu.

“Insa Allah di Sarolangun, Kecamatan Limun akan dibangun persis atau lebih baik dari Pabrik Semen Baturaja 2. Hari ini kita bisa mendengar langsung dari bupati, pembangunan pabrik Sarolangun satu ini akan segera, Pemkab akan membantu percepatan pembangunan pabrik semen ini. Insa Allah tahun depan kita mulai granbreaking, tahun berikutnya mulai membangun pabriknya, tahun 2021 peralatan mulai masuk. dan tahun 2022 sampai 2023 pekerjaan konstruksi dan semester kedua tahun 2024 kita sudah bisa produksi,” katanya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan izin lokasi oleh Bupati Sarolangun Cek Endra kepada Direktur Utama PT Semen Baturaja Jobi Triananda Hasyim, dan penyerahan cindera mata dari kedua belah pihak serta poto bersama.(se31/adv)