sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bupati Cek Endra Resmikan Pabrik PT Balsa Mandala Persada

Pemotongan tumpeng

SAROLANGUN-Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra meresmikan pabrik PT Balsa Mandala Persada (BMP), Rabu (27/02). PT Balsa Mandala Persada merupakan pabrik pengolahan kayu yang memproduksi bahan baku pensil, yang berlokasi di Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Pelawan.

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Dandim 0420/Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto, Direksi PT BMP diwakili Drs Eddy Ramon Torong, serta jajaran Komisioner Direksi (Mr Wubincai, Mr He, Andi, Faisal, Saing, Sugianto, dan Ninik Sunarya), Ketua Komisi II DPRD H Muhammad Syafi’i, para Kepala OPD, Camat Pelawan, Unsur Tripika Kecamatan, Kades Pelawan Jaya Arifin, serta para kepala desa, tokoh agama dan tamu undangan.

Bupati melihat langsung pabrik pengolahan kayu

Kades Pelawan Jaya, Arifin dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan keberadaan pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Pelawan Jaya. Di Pelawan Jaya sampai saat ini sudah banyak berdiri pabrik, seperti pabrik triplek, pabrik pensil, waterboom dan akan ada industri jual beli rotan.

“Alhamdulillah, masyarakat kami sudah banyak bekerja di berbagai pabrik, dan itu berdampak terhadap ekonomi masyarakat kami sehingga angka kriminalitas di desa kami sudah banyak berkurang,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana H Dadang Barzaeni, mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan Bupati Sarolangun Cek Endra, sehingga bisa dilaksanakan pelaksanaan peresmian pabrik pensil tersebut.

“Alhamdulillah kami punya karyawan 71 orang, yakni tenaga di bidang produksi ada 58 orang, security 8 orang dan Office ada sebanyak 5 orang, mohon maaf bila dalam peresmian ada kekurangan,” katanya.

Sementara itu Direksi PT BMP, diwakili Eddy Ramon Torong, mengatakan, bahwa pabrik pensil ini melakukan pengolahan kayu pulai yang didirikan diatas tanah seluas 2,8 hektar, dengan bangunan 7.000 meter persegi. Ia mengatakan bahwa pendirian pabrik ini dilatar belakangi adanya dukungan Bupati Sarolangun dan bahan baku yang tersedia di Kabupaten Sarolangun yang cukup banyak untuk diolah.

Poto bersama usai melihat pembudidayaan bibit Pulai

“Tahun ini kami mulai menerima 100 kubik perhari, ini merupakan suatu proyeksi yang bagus, maka kami harap masyarakat untuk menanam kayu pulai. Kami membangun pabrik ini adanya dukungan pak bupati dan bahan baku yang begitu banyak disini, dan belum diolah dengan baik, maka kami punya keinginan untuk pengolahan kayu pulai disini,” katanya.

Selain itu, Bupati Sarolangun Cek Endra dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyambut baik kedatangan para investor untuk berinvestasi ke Kabupaten Sarolangun. Dampak berdirinya pabrik ini akan memberdayakan masyarakat yang bisa menjadi tenaga kerja dan bisa menyuplai bahan baku dalam produksi pabrik pensil.

“Kami bentangkan karpet merah untuk para investor melakukan investasi di Sarolangun. Kalau satu hektar kayu pulai ditanam 2.500 batang, panennya bisa lima tahun, dan satu hektar bisa menghasilkan 250 juta, kalau ditanam 10 hektar akan menghasilkan 2,5 miliar,” katanya.

Kata Cek Endra, salah satu kiat sukses pabrik pensil ini terlihat dari tiga indikator, yakni adanya permintaan dunia terkait produksi pabrik tersebut, adanya bahan baku serta prosesing pabrik berupa pemasaran.

“Menarik ini bagi kita, dan barang ini akan laku. Pak camat sosialisasikan kepada masyarakat kita, untuk menanam kayu pulai ini. Peluang ini saya tawarkan. Manfaatkan peluang sejahtera ini dengan mulai menanam, tanpa kita mulai tidak akan datang reski kita. saya akan tanam 100 hektar nanti. Mohon doa dan dukungan untuk berdirinya pabrik ini,” katanya.

Kegiatan itu juga Direksi PT BMP Eddy Ramon Torong, menyerahkan cindera mata kepada Bupati Sarolangun Cek Endra, dan peresmian pabrik tersebut yang ditandai dengan pengguntingan pita, serta peninjauan lokasi pabrik dalam pengolah kayu pulai sebagai bahan baku pensil.(se31/adv)