sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bupati Cek Endra Dampingi Gubernur Sosialisasi Dan Gotong Royong Pengurangan Kekumuhan

Bupati dan Gubernur gotong royong menyapu

Bupati Sarolangun. Drs H Cek Endra mendampingi Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar, M. Hum, dalam rangka kegiatan sosialisasi dan Gotong Royong Pengurangan Kekumuhan dan Peningkatan Kualitas lingkungan di Kabupaten Sarolangun, di Laman Basamo Sriwijaya Sarolangun, Kamis (21/11) kemarin.

Sosialisasi tersebut dalam rangka memperingati hari Bhakti dinas Pekerjaan Umum (PU) yang ke-74 tahun 2019 yang berlangsung dengan lancar.

Turut hadir Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M. Fauzi, MT, Dandim 0420/Sarko Letkol. Kav Rohyat Happy Ariyanto, Wakil Bupati H Hillalatil Badri, Waka Polres Sarolangun Kompol Atrizal, Ketua PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra beserta jajarannya, Unsur Forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para Kepala OPD,  para Camat dan Lurah serta masyarakat sarolangun dan tamu undangan.

Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT mengatakan bahwa dalam rangka peringatan hari Bhakti PU tahun 2019 ini, Kabupaten Sarolangun menjadi lokasi pertama yang menjadi pelaksanaan kegiata, yakni melaksanakan kegiatan  gotong royong bersama masyarakat untuk mewujudkan pembangunan kampung budaya di Kelurahan Dusun Sarolangun dalam rangka pengurangan Pekumuhan dan Peningkatan Kualitas lingkungan.

Gubernur disambut oleh Bupati Sarolangun dan pimpinan OPD

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini. Peringatan Hari bhakti pu ini diawali di Kabupaten sarolangun, kemudian ke Kabupaten Bungo, objeknya dalam melakukan pembersihan air danau. Kemudian tanggal 29 dilanjutkan di danau siapin, peresmian RPH Taman Anggrek di halaman kantor Gubernur serta tanggal 03 desember puncak hari bhakti pu yang dilakukan dengan upacara,”katanya.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan bahwa pembangunan daerah kumuh di Kabupaten Sarolangun sudah dua lokasi dilakukan, pertama pada tahun 2017 di Kelurahan Pauh dan tahun 2018 ini pada kampung tematik di Kelurahan Dusun Sarolangun.

“Kami sangat berharap karena kampung tematik ini bukan hanya mengurangi perkampungan kumuh namun juga insfrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sarolangun. Saya bermimpi kelurahan Dusun Sarolangun ini dilestarikan menjadi kampung tematik, menjadi perhatian kita semua untuk mengangkat nilai nilai sejarah dan budaya kampung tertua di Sarolangun ini,”katanya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan dalam rangka peringatan hari Bhakti PU, Pemerintah Provinsi akan mendukung pelaksanaan kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengurangan kawasan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan di provinsi Jambi melalui program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menuju Provinsi Jambi bebas kumuh.

Berdasarkan SK yang ditetapkan oleh para Bupati dan wali kota se provinsi Jambi bahwa luas kawasan kumuh di Provinsi Jambi seluas 1. 841 hektar yang tersebar di seluruh kabupaten/Kota termasuk di Kabupaten Sarolangun.

“Kawasan kumuh ini perlu di antisipasi sehingga Pemerintah provinsi Jambi telah melakukan penanganan kawasan kumuh ini, salah satunya dalam penataan kawasan kampung tematik atau budaya di Sarolangun, di Kelurahan Dusun Sarolangun yang difokuskan untuk penataan putih sungai, kampung temating atau budaya. Merupakan sebagai bentuk untuk mendorong penataan kedepannya sehingga cita-cita pemprov Jambi menata wilayah Pekumuhan ini dapat terlaksana,”katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam rangka pengurangan Kekumuhan dan Peningkatan Kualitas lingkungan pada hari Bhakti PU ke-74 tahun 2019, Peninjauan lokasi pembangunan kampung budaya Kelurahan Dusun Sarolangun serta Penyerahan bantuan kursi roda dan uang oleh gubernur Jambi Fachrori Umar kepada penyandang Disabilitas, Abdul Muin dari desa Tanjung Ramai dan Zubaidah dari Kelurahan Gunung Kembang.

Selain ada juga Penyerahan bantuan Rehabilitasi rumah tradisional senilai Rp 17,5 juta oleh Gubernur Jambi Fachrori didampingi Bupati Sarolangun Cek Endra serta bantuan gerakan bersih bersama dari Kadis PUPR Jambi Ir Fauzi MT kepada Lurah Dusun Sarolangun.(se31/Adv)