sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bupati Cek Endra Bertindak Sebagai Irup Peringatan Hari Pahlawan Ke-74 Tahun 2019

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra menjadi inspektur Upacara peringatan hari pahlawan ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Sarolangun, di Lapangan Gunung Kembang, Kantor Bupati Sarolangun, Senin (11/11) kemarin.

Hadir dalam upacara tersebut Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kapolres Sarolangun AKBP Deny Heryanto, SIK, M. Si, Kajari Sarolangun Munif, SH, MH, Ketua PN Sarolangun Philip Mark Soenpiet, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHB Mentomeri, Kemenag H M Syatar, Wakil Ketua PKK Ny Lili Suriani Hilal, serta jajarannya, para Asisten, Para Kabag, Para Kepala OPD,  para peserta upacara serta para veteran dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sarolangun Cek Endra dalam amanatnya menyampaikan pidato mentri sosial RI Juliari P Batubara, mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan sebagaimana yang dimaksud dalam pesan para pahlawan nasional.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan ini tidak datang begitu saja, tapi didapatkan dari perjuangan para pahlawan kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, maka melalui hari pahlawan ini mari kita bangkitkan semangat dan inovasi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema hari pahlawan saat ini “aku pahlawan masa kini,” kata Cek Endra.

Katanya, untuk menjadi pahlawan pada masa sekarang bukan berarti harus mengangkat senjata untuk mengusir para penjajah, akan tetapi dengan menorehkan prestasi dengan membawa harum nama bangsa di level internasional, menolong antar sesama, tidak menyebarkan berita hoax.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI menjadi sia-sia, jangan biarkan negri ini terprovokasi, bercerai berai, mari kita maknai hari pahlawan ini untuk bekerja menuju Indonesia Maju, jangan jadikan peringatan hari pahlawan ini hanya seremonial belaka. Akan tetapi, saya yakin para dengan para pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa saat ini akan dapat teratasi,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dilakukan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, pengibaran Bendera pusaka merah putih, pembacaan teks pancasila dan UUD 1945, pembacaan Pesan-pesan para pahlawan nasional, serta andika Bhayangkari, hingga penyerahan bingkisan kepada para veteran oleh Bupati Sarolangun Cek Endra.

Bupati Cek Endra bersama Forkompinda Sarolangun juga tak lupa melakukan ziarah nasional dan penaburan bunga ke taman makam pahlawan satria bhakti, Desa Panti Kecamatan Sarolangun. (Adv)