sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bumdes Desa Panti Kembangkan Usaha Toko Bangunan

 Baru Berdiri Sudah Beromset Puluhan Juta 

Desa Panti mendirikan BUMDES dengan usaha toko bangunan. Foto Hendri

SAROLANGUN-Perkembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bina Karya Abadi Desa Panti Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun yang bergerak dibidang usaha toko bangunan mendapat respon dari masyarakat setempat.

Meskipun baru didirikan pada 12 Oktober lalu, toko bangunan milik bumdes tersebut sudah beromset jutaan rupiah. Tak hanya menjual material bangunan toko (Bumdes) Desa Panti juga menyediakan kebutuhan alat pertanian dan perkebunan, alat listrik, dan juga spare part motor dengan berbagai merek.

Ketua (Bumdes) Desa Panti, A Muthalib saat diwawancarai Sarolangun Ekspres mengatakan bahwa wacana usaha toko bangunan itu merupakan kesepakatan bersama berdasarkan keputusan dari musyawarah desa Panti. Dengan tujuan pengembangan ekonomi kreatif yang dikelolah oleh bumdes serta menjawab dari kebutuhan masyarakat setempat.

“Wacana mendirikan toko ini awalnya dari saya, lalu saya sampaikan melalui musyawarah desa dan disepakati bersama, karna saya melihat setiap warga pasti membutuhkan material bangunan, alat pertanian dan alat listrik. Dari pada warga kita jauh jauh membeli kepasar, kenapa kita tidak dirikan saja melalui bumdes, dan apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat Insyallah akan kita penuhi,”katanya Jum’at (25/10) kemarin.

Ia juga mengatakan, untuk modal awal dalam mendirikan usaha itu menghabiskan anggaran sebesar 50 juta rupiah yang bersumber dari DD. Meskipun tarif harga barang  yang dipasang tidak terlalu berbeda dengan harga pasaran namun toko bangunan (Bumdes) desa panti mampu meraih omset dari penjualan mencapai 10 juta rupiah.

“Belum genap 1 bulan omset kita mencapai 10 juta rupiah, dan omset yang kita dapat kita putar lagi untuk membeli alat lainnya, agar perlahan lahan isi toko lengkap, apalagi yang belanja disini tidak hanya warga desa panti, warga desa tetangga juga banyak yang belanja disini,” katanya.

Sementara itu, Kades Panti Khairul Saleh sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh bumdes Bina Karya Abadi Desa panti, Ia juga berharap dukungan dari masyarakat desa panti agar toko yang dikelola Bumdes tersebut lebih maju lagi kedepannya.

“Kita pemerintah desa Panti sangat mendukung apa yang saat ini dilakukan oleh pihak Bumdes, semoga kedepan lebih maju lagi,”tandasnya.(cr5)