sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Buat Akses Jalan Sementara, Pemkab Turunkan Alber

SAROLANGUN-Mendapatkan laporan adanya jalan longsor yang terjadi Di Desa Rantau Gedang Kecamatan Bathin VIII, yang mengakibatkan warga tiga desa yakni Desa Rantau Gedang,  Desa Muara Lati, dan Desa Tanjung Gagak, tidak bisa melintas, Pemkab Sarolangun langsung bertindak cepat.

Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Senin (19/02) kemarin, sebelum menghadiri Sertijab Camat Bathin VIII,  menyempatkan waktunya meninjau kondisi jalan longsor tersebut.

Baca juga:

Wabup, mengatakan untuk sementara waktu menjelang jalan tersebut diperbaiki, Pemkab Sarolangun melalui dinas PU Sarolangun,  menurunkan alat berat untuk membuat akses jalan sementara yang bisa dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Soal jalan longsor,  kita dari kabupaten insya allah hari ini alat berat akan diturunkan, untuk  buat akses jalan sementara menjelang yang rusak ini diperbaiki,”katanya.

Pemkab sendiri akan memperbaiki jalan tersebut melalui dana tanggap darurat, yang saat ini masih dilakukan penghitungan oleh Dinas PU berapa anggaran yang akan dibutuhkan.

Namun, ia menyebutkan jalan yang putus tersebut akan segera dibangun box, yang tentunya disesuaikan dengan volume air sehingga tidak mudah longsor.

“Sedang dihitung anggarannya, palingan box cukuplah,  cuman harus disesuaikan dengan volume air,  kalau debit airnya besar bisa saja nanti dibuat dua box, dan  secepatnya akan dibangun dari apbd sarolangun,  secepatnya akan kita usahakan,”tukasnya.

Seperti diketahui, akibat jalan putus, transportasi lumpuh tota. Namun masyarakat berupaya membuat jalan alternative. Dimana saat ini akses jalan sementara (alternatif) hanya dibuat apa adanya melalui jalan setapak, tentu hal itu tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.(so31)