sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

BPBD Ingatkan Waspada Banjir dan Longsor

Tampak Rumah warga di Kecamatan Pauh yang lonsor , (28/2/2017). Photo: Dok/SO

SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meningatkan masyarakat untuk mewaspadai terjadinya bencana Banjir dan Longsor (Bansor) di akhir tahun ini.

“Kita selalu mengingatkan masyarakat agar terus waspada terhadap banjir dan longsor, mengingat perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini,” kata Kepala BPBD Sarolangun, Mulyadi di Sarolangun, Senin.

Ia mengatakan hal ini berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa saat ini sudah memasuki musim penghujan dan sudah melewati musim panas.

“Berdasarkan hasil koordinasi kita dengan BMKG, sekarang sudah masuk musim penghujan. Makanya kita sudah menyiapkan tim reaksi cepat untuk menanggulangi bencana Banjir dan Longsor, puncak musim penghujan diperkirakan sekitar Januari,” katanya.

Baca juga : 

Karena sudah memasuki musim hujan, pihaknya juga sudah membubarkan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) untuk Kabupaten Sarolangun.

“Saat ini Satgas Karhutla juga sudah kita bubarkan, dan sekarang sudah memasuki musim penghujan,” kata Mulyadi.

Ia menjelaskan, dalam upaya penanggulangan bencana Banjir dan Longsor tersebut, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak instansi terkait, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Dalam Rakor hari ini kita sudah sampaikan ke pihak Dinas PUPR untuk kesiapan alat berat pada titik-titik rawan longsor, alhamdulillah sudah ada alat beratnya,” katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PUPR Sarolangun Ibnu Ziady, ketika dikonfirmasi hal itu, membenarkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan dua unit alat berat yang disiapkan untuk siaga Banjir dan Longsor.

“Ya, hal itu sesuai hasil Rakor kita bersama BPBD, saat ini sudah ada dua unit alat berat yang akan disiagakan untuk tanggap bencana longsor dan banjir,” kata, Ibnu Ziady.

“Alat tersebut sudah kita siapkan di Dinas PUPR,” katanya menambahkan.(so9)