sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

 Bocah 6 Tahun Ngidap Leukimia Dapat Kuncuran Dana Sosial

BESUK: Tampak Wabup Hilal didampingi Camat Pelawan Hudri dan Kabid Yanmed RSUD Chatib Quzwaen saat mengunjungi bocah yang mengidap penyakit leukemia. Poto:wahid

SAROLANGUN-Mengenai kabar adanya seorang bocah yang bernama Muhammad Isron (6), Warga RT 10 Desa Bukit, Kecamatan Pelawan seperti diberitakan sebelumnya yang mengalami penyakit aneh ternyata mengidap penyakit leukimia.

Usai mendapatkan informasi tersebut, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, langsung mersepon, beserta jajarannya. Dengan berupaya memberikan pelayanan pengobatan kepada bocah tersebut, karena selama ini bocah itu hanya dirawat dan diurut oleh dukun karena terkendala biaya rumah sakit.

Baca : Derita Bocah Isron Yang Alami Penyakit Aneh

Selasa Pagi (27/03) kemarin,  Wakil Bupati H Hillatil Badri, mewakili Bupati langsung turun membesuk dan membawa anak tersebut kerumah Sakit RSUD Chatib Quzwein, untuk segera mendapatkan penanganan secara medis.

“Iya, tadi kita besuk anak ini, dan langsung kita perintahkan untuk dibawa ke rumah sakit umum kita untuk mendapatkan penanganan medis, persoalan administrasi itu nanti nyusul yang penting anak ini berobat dulu, nyawanya harus diselamatkan,” kata Wabup.

Wabup juga menjelaskan bahwa sebenarnya bocah ini dulu pernah dirujuk berobat ke RSUD M Djamil, Padang, Sumatera Barat, namun dengan kondisi biaya yang minim anak tersebut dibawa pulang dan tidak pernah lagi dilakukan kontrol.

“Pemerintah juga akan membantu berupa uang melalui dana sosial, saat ini kita sedang mengurus administrasi untuk mencairkan dana itu, kemudian jika administrasi selesai, hari ini atau besok akan kita rujuk langsung  ke Rumah Sakit Padang,” jelasnya.

Atas kondisi itu, dia mengharapkan kepada pemerintah desa dan masyarakat agar tanggap dalam melihat kondisi masyarakat, dengan segera memberikan laporan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kalau ada kejadian yang seperti ini, atau kejadian lainnya yang menyangkut masyarakat, tolong segera laporkan kepada pemerintah, jangan masalah sudah naik kepermukaan baru dilaporkan, masyarakat pemerintah para Kades, Lurah, Camat harus tanggap dengan persoalan yang terjadi di lingkungannya masing-masing,” imbaunya.

Terpisah, Kadinkes Sarolangun Adnan, Saat dihubungi mengaku bahwa pihaknya telah memberikan pelayanan medis, berupa asupan gizi dan perobatan lainnya.

“Anak ini dulu pernah diberikan asupan gizi dan perobatan, saat ini juga kita sedang urus BPJS nya untuk membantu perobatannya, insya allah akan segera kita rujuk Padang,” sebutnya.

Selain pemerintah, komonitas organisasi terus melakukan penggalangan dana untuk membantu biaya perobatan anak tersebut, mulai dari uluran tangan dari pihak Polres Sarolangun, dan mahasiswapun turun kejalan melakukan penggalangan dana, serta bantuan dari para dermawan lainnya.(so31)