sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bila Ada Desa Belum Dapat Kegiatan, Wabup: Jangan Berkecil Hati

 

Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri

SAROLANGUN- Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri mengatakan, tidak semua usulan Desa dapat diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, karena keterbatasan anggaran daerah. Apalagi usulan pembangunan dari desa jumlahnya sangat banyak.

‘’Maka, jika ada desa yang selama ini belum pernah ada kegiatan yang dilaksanakan melalui APBD Kabupaten Sarolangun, tentu diharapkan untuk tidak berkecil hati,’’katanya.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan usai sudah dilakukan, terakhir kali dilaksanakan di Kecamatan Singkut, Selasa (11/02) yang lalu.

“Dalam proses penganggaran juga kita harus fokus, untuk apa kita terlalu banyak mengusulkan tapi kita tidak fokus, walaupun dapat satu tapi lebih fokus kegiatan. Keterbatasan APBD kita tentu tidak semua desa yang bisa dibiayai Kabupaten, yang jelas asas pemerataan itu sudah ada dana desa, P2DK, bantuan provinsi. Itu merupakan bagian APBD juga, “katanya baru bareu ini.

“Mungkin ada daerah tertentu ada yang dapat ada yang tidak, bagi yang tidak dapat jangan berkecil hati, suatu saat nanti akan bergulir. Mungkin tahun kemarin dapat, tahun ini tidak. Karena kita ini ada visi dan misi, tentu banyak anggaran yang kita arahkan sesuai visi dan misi tersebut,”kata dia menambahkan.

Seperti Kecamatan Singkut, kata Wabup, tahun lalu mendapatkan anggaran yang paling besar diantara kecamatan lain dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dari APBD Kabupaten Sarolangun. Lalu, tahun 2020 ini kecamatan yang paling besar itu tidak lagi kecamatan Singkut, sehingga terjadi adanya asas pemerataan.

“Itulah kita berupaya sehingga asas pemerataan itu bisa kita lakukan. Asas pemerataan itu juga jangan berasumsi nilainya sama besar, tapi kita juga hitung jumlah desa dalam kecamatan. Karena satu kecamatan berbeda jumlah desanya, ada yang 28 desa bahkan ada yang 10 desa,”katanya.(so31)