sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Berkas Dua Toke Dompeng Segerah Dilimpahkan

PETI
Kapolres saat memperlihatkan Pelaku beserta barang bukti penadah Emas Hasil PETI. Photo : Dok/SO

SAROLANGUN-Penyidik Satreskrim Polres Sarolangun masih terus melengkapi berkas pemeriksaan dua orang pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang tertangkap tangan membawa emas hampir seberat 1 Kg, beberapa waktu yang lalu.

“Ke dua tersangka itu masih kita tahan,” kata Kasat Reskrim Polres Sarolangun Iptu  Dimas Arki, kepada wartawan, Sabtu (17/9).

Dimas menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya masih terus berupaya melengkapi berkas pemeriksaan kedua tersangka Yudha Ahmada dan Zulpikar yang merupakan warga Merangin tersebut.

“Sekarang berkasnya sudah mencapai tahap dua, segera akan kita limpahkan ke Jaksa,”ujar Dimas.

Ditanya mengenai pengembangan kasus ini, Dimas belum bisa mengungkap secara gamblang. Dia hanya mengatakan sampai saat ini masih dua orang tersangka yang ditahan oleh pihaknya.

“Baru dua orang yang kita tetapkan sebagai tersangka, kalau yang lainnya silahkan tanya ke atasan saya,”singkatnya.

Sebelumnya diberitakan Polisi Resort Sarolangun, berhasil mengamankan 1 Kg lebih butiran emas dan uang ratusan juta rupiah. Barang bukti ini disita dari dua orang pelaku atas nama Yudha Ahmada, dan Zulpikar, keduanya merupakan warga Merangin.

Baca :

Dari hasil penyidikan,  kedua pelaku ini melakukan modusnya dengan membeli emas-emas dari daerah PETI yang ada di Sarolangun ini, kemudian mereka menjualnya ke daerah lain.

Sementara, untuk pasal yang akan menjerat kedua pelaku, yakni  pasal 161 undang-undang RI No. 14 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Minerba Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 480 Ke (1) atau KUHP.

“Ancamannya itu 10 tahun penjara dan denda Rp 10 Milyar,”tegas Kapolres .(so9)