sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Belum Publikasi APBDes 2016, Banyak Kades di Sarolangun Tidak Transparan

KADES : Sejumlah kades saat mengikuti acara sosialisasi yang digelar Dinas PMD, beberapa waktu lalu.

SAROLANGUN-Sesuai dengan himbauan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, Para kepala desa harus mengumumkan atau mempublikasikan ABPDes setiap tahunnya, untuk menjamin transparansi kegunaan dana yang masuk ke setiap desa.

Namun sayangnya, sampai saat ini masih saja ada kepala desa di Kabupaten Sarolangun yang belum menjalankan himbauan tersebut. Hal ini diungkapkan Drs H Ahmad Zaidan MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sarolangun, kemarin (2/8).

Dijelaskan Zaidan, berdasarkan data yang dimilikinya masih ada sekitar dua puluh persen desa yang belum mempublikasikan ABPDes 2016, yang tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Singkut, Limun dan Cermin Nan Gedang (CNG).

“Jika kita persentasekan sudah delapan puluh persen sudah publikasikan APBDes 2016, yang dua puluh persen itu informasinya sudah memesan balihonya dan siap dipasang,”ujar Zaidan.

Disinggung kapan terakhir pengumuman ABPDes tersebut, Zaidan menegaskan pada bulan agustus ini idealnya sudah terpublikasikan semua, baik Dana Desa (DD), P2DK maupun ADD,”Ini tidak diwajibkan, namun perlu dilakukan karena untuk menjamin transparansi anggaran yang masuk ke desa, dan menghindari fitnah,”tambahnya.

Oleh karena itu, Zaidan kembali menghimbau pada setiap kepala desa yang belum mempublikasikan ABPDes 2016 lalu untuk segera diumumkan pada masyarakat, agar masyarakat mengetahui kegunaannya.

“Secepatnya saya minta diumumkan, dan dipasang ditempat yang bisa disaksikan masyarakat banyak didesanya,”tandas Zaidan.(so10)