sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Belasan Warga SAD Masuk Islam

DISUNAT: Sunat massal yang diikuti warga SAD disaksikan Wabup Hilal. Poto:wahid

SAROLANGUN- Pemerintah Kecamatan Air Hitam bersama Pemerintah Desa Bukit Suban, Senin siang (11/12) kemarin melaksanakan kegiatan sunatan massal di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam.

Ada hal yang menarik dalam acara sunatan massal tersebut, dari 50 peserta yang ikut sunatan massal tersebut, 23 orang adalah warga SAD. Bahkan ada yang sudah berumur hingga 35 tahun. Tidak hanya sunatan missal, tetapi acara tersebut sekaligus mengislamkan warga SAD yang hendak disunat.

Hal ini dikatakan oleh camat Air Hitam, Suryadi saat dikonfirmasi, Senin (11/12) sore kemarin mengatakan bahwa acara sunatan massal tersebut sekaligus mengislamkan 12 warga SAD dari 23 SAD yang telah masuk Islam terlebih dahulu dan langsung dilakukan proses sunat bersama 27 anak-anak dari masyarakat desa Bukit Suban

“Alhamdulillah, acara sunatan massalnya sukses dilaksanakan, jumlah pesertanya 50 orang, 23 nya adalah warga suku anak dalam,” ujar Suryadi

Dijelaskan Camat, 23 orang SAD tersebut, 11 orangnya sudah melaksanakan proses masuk Islam dengan membacakan syahadat, hanya saja belum dilakukan proses sunat, sementara 12 nya lagi belum membacakan syahadat.

“Sebagiannya sudah masuk Islam tetapi belum disunat, makanya kita laksanakan acara sunatan massal ini, sekaligus ada warga SAD yang masuk Islam sekalian masuk dalam sunat massal ini,” jelas Camat.

Menurut Camat, proses syahadat warga SAD dan sunatan massal tersebut lansung disaksikan oleh Wakil Bupati Sarolangun, Hillalatil Badri yang sekaligus membuka acara.

Adapun nama-nama para SAD yang masuk Islam tersebut adalah Budak Itam (35) dengan nama islaminya Muslim, Sanggul (20) nama muslimnya Sarifah, Opanau (10) nama muslimnya Azizah, Nyabun (16) nama muslimnya Muhibun, Nyanding (10) nama islamnya Ma’ruf, Nyiram (9) nama islamnya Ruslan (10), Nahan (8) nama Islamnya Farhan, Bakaram, nama islamnya Mukarrom, Petuah (11) nama muslimnya Amrullah, Niat Salam dan Andi.

“Dari 12 orang yang masuk islam tadi (Kemaren, red) dua diantaranya wanita, 9 lelaki dan satunya tidak hadir,” terang Camat.(so31)