sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bekas Galian PT Bascara di Sarolangun Jadi Danau

DANAU: Tampak lobang bekas galian batubara PT Bascara yang berubah jadi danau. Poto:birinn

SAROLANGUN-Bekas galian tambang batubara PT Bascara yang beralamat di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sarolangun, tepatnya berada di penghujung areal persawahan Pulau Pinang digenangi air layaknya seperti danau. Bahkan, saat ini para pemacing mania ‘menyerbu’ lokasi tersebut untuk mengadu nasib mendapatkan ikan.

Awalnya, warga sekitar hanya iseng memancing di lokasi tersebut. Akan tetapi sangat tidak disangka, hasil yang didapatkan cukup mengagetkan. Ada pemancing yang mendapatkan ikan dengan jumlah 2 kilo gram hingga mencapai puluhan kilo. Mayoritas ikan yang didapati adalah ikan Nila.

Roman, (46) pemancing yang dijumpai oleh harian mengatakan, sudah beberapa hari ini dirinya mendapat jumlah ikan yang sangat banyak dari hasil memancing di danau itu. Bahkan katanya ikan yang didapatkan sempat dijual ke pasar.

“Kemarin saya dapat lebih banyak lagi, sudah tidak kemakan lagi, lalu saya jual juga ke pasar,’’ ujar Roman yang memiliki nama lengkap Abdul Rahman.

Karena banyaknya ikan disana, para pemancing saling bersaing mendapatkan ikan (strike) dengan jumlah yang banyak hingga mencapai 7 kilo ikan.

“Saking banyaknya ikan disini, bersaing-saing kami strike, jadi wajar lah dapatnyapun banyak, saya aja dapat 7 kilo,’’ ceritanya lagi.

Sementara informasi yang dapat dirangkum oleh harian ini, berbagai pemancing dari tempat lain juga ikut menyerbu danau batu bara tersebut, seperti dari Sri Pelayang, Ladang Panjang, Pulau Pinang, Suka Sari, Aur Gading bahkan juga ada dari Kelurahan Gunung Kembang.

Kunjungan langsung Sarolangun Ekspres ke danau tersebut, memang terlihat sejumlah pemancing sedang sibuk dan fokus memancing disana. Sehingga terlihat disetiap sudut danau itu dijumpai banyak pemancing. Selain ikan nila yang didapatkan pemancing, ada juga ikan gabus, ikan Tuman, ikan Betok juga terdapat didanau tersebut.(so30)