Advertisement
SEPUTAR SAROLANGUN

Bappeda Sarolangun Sukses Gelar Musrenbang RKPD 2020

Musrenbang RKPD yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun

SAROLANGUN-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun sukses melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, Senin (25/3) di ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun.

Musrenbang RKPD dibuka oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dengan tema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Guna Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Daerah”. Sebelum pembukaan para perserta disuguhkan dengan tarian tradisional Sarolangun yang dibawakan pelajar Sarolangun.

Plt Kepala Bappeda Sarolangun yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD, Ir Dedy Hendry MSi dalam laporannya mengatakan, Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini merupakan lanjutan dari tahapan Musrenbang yang dilaksanakan di 149 desa, 9 kelurahan dan Musrenbang yang dilaksanakan di 10 kecamatan. Selain itu, tindak lanjut dari konsultasi publik dan Forum OPD yang sudah dilaksanakan, beberapa waktu yang lalu.

“Usia Kabupaten Sarolangun ke 20 ini memasuki tahun RPJP ke tiga dengan visi menuju Sarolangun yang sejahtera dengan misi meningkatkan infrastruktur, kualitas SDM penguatan nilai agama dan Sosbud,”sebutnya.

Menurut Dedy Hendry, Musrenbang yang dilaksanakan dari tingkat desa, kelurahan dan kecamatan pada 2019 hingga Musrenbang RKPD dijalankan sesuai dengan aturan dan prosedur. Musrenbang 2019 sudah menerapkan sistem e-Planning dari tingkat desa hingga Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun.

“Dalam penerapan e-Planning kami menyampaikan terima kasih kepada 149 Kades, 9 Luruh dan 10 Camat yang sudah menerapkan sistem e-planning,”katanya.

Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD

Terpisah, Bupati Sarolangun, H Cek Endra mengatakan, program kerja Kabupaten Sarolangun pada 2018 sudah terukur dan mencapai target.  Hal ini mengacu pada pencapaian indikator utama Kabupaten Sarolangun 2018, seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, indeks pembangunan manusia, indeks GINI, indeks desa membangun, tingkat pencemaran lingkungan, indeks pembangunan gender dan indeks kepuasan masyarakat.

“Berdasarkan indikator data Bappeda tahun 2018, pencapaian kerja yang sudah dilakukan pada 2018 sangat menggembirakan, sebab pencapaiannya diatas target,”ujar H Cek Endra.

Ditambahkan H Cek Endra, pada tahun 2020 rencana program dan kegiatan Kabupaten masih fokus pada peningkatan sarana infrastruktur dan pelayanan umum dan meningkatkan ekonomi masyarakarat.

“Percepatan pembangunan daerah masih menjadi PR kami, sebab masih ada sejumlah kecamatan yang membutuhkan peningkatan infrastruktur,”sebut H Cek Endra.

Menariknya, Bupati Sarolangun juga menambahkan, untuk 2020 mendatang akan berupaya keras sipaya tidak ada lagi jalan di kecamatan yang putus pada musim penghujan.

Hadir di Musrenbang RKPD, Dirjen Perkebunan, Kasdi Subagyono, perwakilan Kementerian PU, perwakilan Bappenas, perwakilan Bappeda Provinsi Jambi, anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin, Waka DPRD Sarolangun, H Hapis Hasbiallah SE bersama sejumlah anggota DPRD dan perwakilan dari Pemkab tetangga.

Dipenghujung Musrenbang RKPD dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber dari Kementerian PU dan Bappenas, Bupati H Cek Endra dan Wabup H Hillalatil Badri.(so9)