sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bappeda Sarolangun Sukses Gelar Musrenbang RKPD 2019

Bupati CE menandatangani berita acara pelaksanaan Musrenbang dan launching e-Planning

Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (26/3/2018) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrebang RKPD) Tahun Anggaran 2019 dengan tema ‘Melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kita Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sejahtera. Acara tersebut sekaligus launching e-Planning di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Musrenbang RKPD dihadiri dan dibuka langsung Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra didampingi Wabup H Hillalatil Badri, Sekda Drs H Thabroni Rozali, MM dan Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry MSi. Menariknya dalam Musrenbang RKPD tahun ini dihadiri perwakilan pemerintah pusat, yakni Direktur Tata Ruang dan Pertanahan PPN/Bappenas Uke Muhammad Husein, SSi, MPP dan Kasubdit Partisipasi Masyarakat dan Informasi Kemendagri Agung Herbowo, ST, MT.

Bupati CE menyerahkan cindra mata kepada Direktur Tata Ruang dan Pertanahan PPN-Bappenas Uke Muhammad Husein SSI, MPP

Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin, Fahrurrozi, AMd, Syopian, SE, Khairil, ST dan Nasri Umar SH, Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Sosial Budaya, Padli, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, kepala Bappeda kabupaten tetangga, pimpinan OPD Pemkab Sarolangun, Sekretaris Bappeda H Muhammad, MSi, Kabid Pendanaan dan Kerjasama Pembangunan Hj Maria Susanti, SE, delegasi kecamatan, tokoh masyarakat, OKP, LSM, mahasiswa, wartawan dan undangan lainnya.

Kadis TPHP Ir Joko Susilo menandatangani berita acara Musrenbang

Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry, MSi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD bertujuan menyusun rencana kerja yang merupakan dokumen starting point yang diamanatkan dalam undang-undang. Musrenbang RKPD juga merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

Perwakilan masyarakat menyampaikan pertanyaan

Sebelum melaksanakan Musrenbang RKPD, sudah melakukan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak awal 2018, mulai dari Musrebang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum Konsultasi Publik, Forum Gabungan SKPD guna menyerap saran dari stakeholder termasuk hasil reses DPRD.

Sesi tanya jawab dipandu mantan Wabup H Pahrul Rozi

Dalam kesempatan itu Kepala Bappeda juga memaparkan capaian pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Sarolangun. Dalam Musrenbang RKPD kali ini tetap mengedepankan sejumlah isu strategis yang berkembang. Untuk Kabupaten Sarolangun ada tiga poin yang menjadi skala prioritas, yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas infratruktur pelayanan umum, meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat berbasis potensi lokal dan meningkatkan pelayanan publik.

Bupati Sarolangun H Cek Endra dalam pidatonya mengatakan, Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang pertama yang dihadiri Bappenas dan Kemendagri. Menurutnya pelaksanaan pembangunan yang baik harus disertai dengan perencanaan yang baik dan matang dan semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin bagus.

‘’Kita tidak memprioritaskan keinginan, tapi mengutamakan kebutuhan dan masyarakat sendirilah yang paling mengetahui kebutuhan itu,’’ tandasnya.

Saat ini menurut Bupati, selain perbaikan infrastruktur pelayanan umum, Pemkab juga fokus peningkatan ekonomi masyarakat untuk menjawab tingginya angka kemiskinan dan pengangguran.

‘’Sarolangun memiliki potensi alam yang luar biasa yang tak dimiliki kabupaten lain dan itu yang akan kita kembangkan,’’ kata Cek Endra.(so9/adv)