sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bappeda Sarolangun Sukses Gelar Forum Konsultasi Publik

Untuk mencapai pembangunan daerah yang lebih baik kedepannya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun menggelar Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah, Kamis (16/3). Dengan harapan,

melalui Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sarolangun tahun 2017 tersebut, dapat menjadikan Sarolangun lebih baik kedepannya.

Acara yang mengangkat tema “Mari Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Guna Meningkatkan Mutu Pembangunan Menuju Sarolangun Yang Berdaya Saing, Maju dan Berkeadilan ” tersebut, dihadiri langsung oleh Pj Bupati Arief Munandar, Kepala Bappeda Dedi Hendri, Waka DPRD Hapis Hasbiallah, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ormas, LSM dan Organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Sarolangun Arief Munandar mengatakan, saat ini, 149 desa dan 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun sudah menyelesaikan Musrenbag. Itu artinya, Pemkab Sarolangun sudah menyerap aspirasi masyarakat.

“Saat ini kita sudah menyerap aspirasi masyarakat dengan menggelar Musrenbang di setiap desa dan kecamatan. Dan diharapkan dalam kesempatan ini, perencanaan ini bisa membantu,” paparnya.

Oleh sebab itu, Pj Bupati berharap, kegiatan forum konsultasi publik yang diselenggarakan oleh Bappeda dapat menjadi media konsultasi untuk penyusuanan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) awal, sehingga rencana kerja Pemda Sarolangun saat ini bisa bersinergi dengan visi misi kinerja Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk kinerja pada tahun 2018 mendatang.

“Forum ini menjadi penting karna perencanaan yang baik akan menjadikan hasil yang baik. Diharapkan OPD bisa lebih kreatif dan inovatif serta bisa menjawab isu isu strategis yang ada di Kabupaten Sarolangun,”harapnya.

Sementara itu Dedi Hendry Kepala Bappeda Sarolangun juga mengatakan, bahwa melalui Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah ini, Bappeda bisa menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Untuk mengharmoniskan visi misi Bupati mendatang, serta bekerja secara bersinergi, maka rancangan RKPD harus sesuai dengan sasaran dan prioritas bidangnya masing-masing. Dan sementara ini, rancangan RKPD harus menyesuaikan dengan Visi Misi RPJMD Sarolangun yang berdaya saing, maju dan berkeadilan,”jelasnya.

Selain itu, Kepala Bappeda Sarolangun Dedi Hendry juga memaparkan pembangunan kedepan, seperti pembangunan Infrasturktur dari desa hingga Kabupaten, Dunia pendidikan dan pembangunan- pembangunan lainnya.

“Permasalahan dan tantangan disemua pembangunan harus sesuai dengan visi misi yang di miliki oleh Pemkab Sarolangun,”tandasnya.

Dalam acara tersebut, Bappeda juga menggelar sesi tanya jawab sesuai dengan tema yang diusung dengan para tamu undangan yang hadir. Dari pantauan awak media di lapangan, sesi tanya jawab berlangsung lancar. Sementara pihak Bappeda juga memaparkan jawaban dengan jelas kepada para peserta dialog.(so9/adv)