sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Bappeda Sarolangun Gelar Musrenbang RKPD TA 2018

Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),Senin (3/4) menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2018 dengan Tema ‘Mari Kita Wujudkan Kesamaan Visi Dalam Membangun Kabupaten Sarolangun yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan’. Musrenbang RKPD dihadiri dan dibuka langsung Penjabat Bupati Sarolangun Arief Munandar, SE. Juga hadir Ketua DPRD Sarolangun H Muhammad Syaihu beserta sejumlah anggota, Sekda H Thabroni Rozali, MM, anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin Fahrurrozi, AMd, Kepala Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Ekonomi Katamso, Kepala Bappeda kabupaten tetangga serta sejumlah pimpinan OPD dan delegasi kecamatan serta peserta Musrenbang lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry, MSi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD bertujuan menyusun rencana kerja yang merupakan dokumen starting point yang diamanatkan dalam undang-undang. Musrenbang RKPD juga merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.
‘’Sebelum melaksanakan Musrenbang RKPD, kita sudah melakukan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak awal 2017, mulai dari Musrebang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Konsultasi Publik, guna menyerap saran dari stakeholder termasuk hasil reses DPRD dan Forum Gabungan OPD,’’ katanya.

Penandatanganan nota kesepakatan Musrenbang

Sedangkan peserta berasal dari OPD kabupaten, kecamatan, delegasi kecamatan, Puskesmas, UPTD, BP3K, LSM, OKP dan peserta lainnya. Sedangkan narasumber Kepala Bappeda Provinsi, Kepala Bappeda Sarolangun sertan mantan wakil bupati Sarolangun H Pahrul Rozi.

Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun H Muhammad Syaihu dalam arahannya mengatakan, usulan pembangunan harus sinkron diantara SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Sarolangun. Ketua dewan juga menyoroti kinerja sejumlah SKPD dan belum berjalannya kegiatan pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2017.

Anggota DPRD Provinsi Jambi Fahrurrozi, AMd dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Bappeda Sarolangun yang telah mengudang DPRD Provinsi dalam Musrenbang RKPD. ‘’Usulan atau aspirasi yang muncul akan kita perjuangkan di provinsi,’’ ucapnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi ini juga berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, program pembangunan kabupaten dan provinsi ke depan bisa berjalan sinkron.

Pj Bupati Arief Munandar menyebutkan, kegiatan Musrenbang RKPD sangat penting untuk penyusunan RKPD yang berguna untuk menyusun RAPBD. ‘’Peserta wajib mengikuti kegiatan dengan serius, sebab sangat penting untuk rencana pembangunan tahun 2018,’’ katanya.(so9/adv)