sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Baliho KPU dan APK Kandidat Berantakan

foto-utama-hl
AMBRUK: Salah satu baleho KPU yang roboh akibat angin kencang. Foto Hamzah

SAROLANGUN-Baliho sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun akhir-akhir ini sering dirusak warga. Selain dirobek, ada juga yang hilang. Sebut saja baliho yang ada di simpang Kantor Bupati Sarolangun, yang awalnya terpasang rapi, namun selang beberapa minggu mulai dikoyak, dan saat ini sudah hilang sama sekali.

“Kalau kemarin saya lihat indikasi dikoyak, sebab kondisi koyaknya sangat rapi, apa lagi sekarang kayu-kayunya sudah tidak ada lagi, artinya ini diganggu, dan pesan kita ke masyarakat tidak sampai,”ujar Ahyar S ThI, Ketua KPU Sarolangun kemarin.

Bukan hanya baliho sosialisasi KPU yang rusak dan hilang, Alat Peraga Kampanye (APK) kandidat calon bupati dan wakil bupati sarolangun juga mulai rusak dan hilang, seperti spanduk, baliho, umbul-umbul dan APK lainnya.

“Sebagian memang ada yang rusak karena angin kencang atau cuaca, namun kemungkinan lain ada juga yang sengaja dirusak oleh oknum masyarakat,”tambah Ahyar.

Menyikapi hal tersebut, Ahyar mengatakan tetap melakukan perbaikan untuk baliho sosialisasi KPU Sarolangun, namun untuk APK kandidat tetap dikembalikan pada pasangan calon untuk mengganti atau memperbaikinya.

“Kami juga bakal laporkan hal ini ke pihak kepolisian, jika memang dilakukan perusakan oleh warga supaya diambil langkah tegas,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan harian ini dilapangan, bukan hanya di wilayah Kota Sarolangun saja yang mengalami kerusakan, hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Pauh, bahkan APK atau baliho sosialisasi KPU di simpang tiga Pauh juga tumbang oleh angin kencang.

“Bukan dirusak, ini karena angin kencang,”ujar Salah satu warga yang tidak jauh dari posisi baliho tersebut.(so10)