sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Atasi Krisis Administrasi Desa, Camat Ajak Kades Buat Pelatihan Sekdes

m-idrus-camat-sarolangun
M Idrus, Camat Sarolangun

SAROLANGUN-Guna meningkatkan kualitas SDM para Sekdes dan Bendahara Desa di Kecamatan Sarolangun, Camat Sarolangun Drs Muhammad Idrus memgajak para Kades untuk melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan, salah satunya pelatihan administrasi desa.

Pasalnya, saat ini para Sekdes dan juga bendahara desa banyak yang mengalami krisis administrasi, artinya banyak yang tidak mengetahui pengelolaan administrasi desa, terutama menghadapi laporan-laporan pertanggung jawaban alokasi dana desa (ADD), program P2DK dan Bantuan dana desa dari pusat yang ditotal semunya hampir berjumlah 1 milyar rupiah.

Camat sarolangun Muhammad Idrus kemarin (25/9) mengatakan, bahwa para Kades ini bertanggungjawab terhadap meningkatkan kualitas SDM aparat pemerintah. Apalagi di dalam ADD sudah dianggarkan Dana Peningkatan SDM aparatur pemerintah, sudah seharusnya para Kades memaksimalkan anggaran tersebut dengan baik.
“Di ADD, ada dana peningkatan SDM, Buat pelatihan Sekdes dan bendahara. Karena kita krisis administrasi, dan kepercayaan,’’ kata Camat.

Ia juga mengatakan, dana tersebut jangan digunakan untuk melakukan studi banding ke luar daerah, yang hanya menghabiskan waktu untuk jalan-jalan, sehingga pelaksanaannya tidak efektif bagi para aparat pemerintah, apalagi kondisi masyarakat saat ini yang sedang mengalami krisis ekonomi akibar turunnya harga karet dan sawit.

“Ada yang mau jalan-jalan, saya harap lebih baik dilakukan pelatihan, yang memang bisa membantu dan memberikan pengetahuan untuk menunjang kinerjanya,’’ tandasnya.(mg1)