SEPUTAR SAROLANGUN

Aset PT Samhutani di Sarolangun Dibakar Massa

Warga membakar asset PT Samhutani. Poto:ist

Dipicu Sengketa Lahan dengan Warga

SAROLANGUN-Persoalan lahan antara warga dengan PT Samhutani kembali memanas. Siang tadi (3/4) sekitar pukul 15.30 WIB telah terjadi pembakaran terhadap aset PT Samhutani oleh massa sekitar 100 orang. Informasi yang dihimpun harian ini, massa berasal dari warga Desa Ladang Panjang, Kelurahan Sarolangun Kembang dan Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun.

Adapun aset PT Samhutani yang dibakar oleh massa antara lain 1 unit ruang kantor, mess/perumahan karyawan, 3 unit gudang pupuk, bengkel, perumahan karyawan tanam sebanyak 28 unit rumah atas, 20 unit rumah bawah (bangunan bertingkat), perumahan Karyawan pembibitan karet di Afdeling IV, 2 unit alat berat Jonder, 1 alat berat Gleder, 1 unit truk tangki dan 1 unit mobil Taft Hiline.

Salah seorang warga yang minta namanya dirahasiakan, kepada media ini menyebutkan, aksi pembakaran dilakukan oleh massa, karena ketidakpuasan masyarakat atas permasalahan dengan PT Samhutani tidak kunjung selesai. Sebab permasalahan sudah cukup lama dan belum ada titik temu antara kedua belah pihak.

Dari informasi yang diperoleh, permasalahan antara warga Desa Ladang Panjang dengan PT Samhutani sudah ditangani oleh Tim Gakkumdu Provinsi Jambi, direncanakan akan dibahas pada hari Kamis 4 April 2019 di Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Setelah melakukan aksi pembakaran, massa langsung meninggalkan lokasi, saat ini dilokasi pembakaran sudah dilakukan pengamanan oleh Polres Sarolangun guna dilakukan olah TKP dan pendataan terhadap aset PT Samhutani yang dibakar oleh massa.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait mengenai aksi pembakaran yang dilakukan massa.(so31)