GERBANG INFORMASI KITO

Asap dari Sumatra Sudah Sampai Malaysia

JAMBI – Kabut asap yang terjadi diduga akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di berbagai daerah di pulau Sumatra telah sampai di Negeri tetangga yakni Malaysia.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto, dirinya mengaku mengetahui hal tersebut diberitahu langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas adanya kiriman asap asal Indonesia yang sampai ke Malaysia.

“Saya mendapatkan WA langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menyampaikan bahwa Pemerintah Malaysia hari ini, sudah ada dibeberapa Provinsi di Malaysia itu yang sudah kehadiran asap dari Indonesia,” katanya, Senin (5/8/19).

Menurutnya, daerah yang ada di Malaysia yang mendapatkan kiriman asap tersebut seperti Kuala Lumpur, Tregano, Johor.

“Artinya kalau asap itu sudah nyebrang ke Negara tetangga, itu adalah asap yang kemungkinan berasal dari Provinsi yang ada di Sumatra ini,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Sumatra khususnya di Provinsi Jambi, saat ini Pemerintah Provinsi Jambi telah menerima bantuan dua unit Helikopter dari BNPB Pusat untuk membantu proses pemadaman api.

“Kita sudah mengantisipasi dan kita sudah mendapatkan bantuan dua unit Helikopter dari BNPB pusat dan sudah mulai beroperasi,” katanya.

Selain itu, Sekda juga mengatakan bahwa Mentri LHK RI meminta atensi dari Gubernur Jambi akan langkah-langkah yang sudah diperbuat atas meluasnya kepulan asap hingga ke Negri tetangga.

“Ibu Mentri cuma menyampaikan saja, minta atensi dari Gubernur Jambi apa langkah-langkah yang sudah kita perbuat,” tutupnya.(mar)