sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

APK Kandidat Mulai Dirusak Tangan Jahil

foto-2-utama
JAHIL: Sejumlah alat peraga Kampanye calon bupati dan wakil Bupat Sarolangun dan spanduk KPU Sarolangun mulai dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Foto Hamzah

SAROLANGUN-Spanduk himbauan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun yang berada di simpang Kantor Bupati mulai dirusak warga, sehingga pesan yang disampaikan KPU pada masyarakat tersebut tidak bisa dibaca oleh pengendara yang lewat.

Ahyar S Th I Ketua KPU Sarolangun saat dihubungi media ini sore kemarin (6/11) mengakui ada spanduk himbauan yang berisikan untuk memastikan masayarakat terdaftar di DPT, dan keharusan memiliki KTP elektronik atau surat keterangan dari Kantor Dukcapil Sarolangun.

Bukan hanya spanduk himbauan KPU saja, spanduk pasangan kandidat yang dipasang KPU juga mulai dirusak warga.

”Untuk spanduk KPU saya lihat ada kemungkinan dirusak warga, sebab cara sobeknya sangat rapi, dan bukan faktor alam,”ujar Ahyar.

Dijelaskannya, terkait spanduk pasangan kandidat, pihaknya mnngatakan bukan tanggunggjawab KPU Sarolangun, sebab didalam PKPU no 12 APK yang sudah terpasang menjadi tanggung jawab pasangan calon.

“Silakan paslon menggantikan yang baru, dengan pormat, ukuran dan tempat yang sama,”tambahnya.

Terkait kerusakan spanduk KPU dan APK paslon diatas, KPU dalam waktu dekat bakal koordinasi dengan pihak kepolisian, untuk menyelidiki apakah kerusakan tersebut karena faktor alam atau tangan jahil manusia.

“Nanti kita laporkan ke polisi, dan bagi masyarakat yang mengetahui hal tersebut diharapkan menyampaikan informasi ke KPU Sarolangun atau ke kantor kepolisian,”harapnya.

Senada dengan Ahyar, Ketua Panwaslu Sarolangun Rafiqoh juga mengungkapkan hal yang sama, dan pihaknya menjelaskan ada MoU antara KPU dengan Paslon, terkait pemeliharaan APK.

”Setahu saya ada kesepakatannya, itu merupakan tanggung jawab Kandidat,”terang Rafiqoh.

berdasarkan pantauan harian ini dilapangan, bukan hanya spanduk KPU dan Spanduk paslon saja yang dirusak, sejumlah umbul-umbul kandidat juga ada yang hilang.(so10)

[survey id=416046903]