sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Akhir Masa Jabatan, CE Resmikan Tiga Pabrik Pro Rakyat

akir jabatan
RESMIKAN : Bupati Cek Endra saat meletakan batu pertama pembangunan pabrik pengolahan Ubi Kayu, Photo : hamzah

SAROLANGUN-Meskipun masa jabatan Drs H Cek Endra (CE) dan Drs H Pahrul Rozi MSi sebagai Bupati dan Wakil Bupati berahir dua hari lagi, namun tidak menyurutkan semangat pembangunan bagi keduanya. Hal ini terlihat kemarin (29/7) keduanya tampak kompak dalam tiga acara peresmian pabrik yang pro rakyat.

Tiga pabrik tersebut yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang bekerjasama dengan PT Bajubang Kreasi Interbuana (BKI), yang akan mengelola bahan bakar gas di Kabupaten Sarolangun menjadi listrik, yang pada akhirnya bisa dinikmati oleh Masyarakat Kabupaten Sarolangun.

Yang kedua adalah Peresmian Instalasi Pengelolaan Air (IPA) PDAM Tirta Sako Batuah (TSB), untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat sarolangun, khususnya Kecamatan Pelawan dan Kecamatan Singkut.

Disamping dua pabrik tersebut, yang tidak kalah pentingnya adalah kehadiran pabrik pengolahan ubi kayu yang berada di Kecamatan Mandiangin.

Tiga langkah Cek Endra tersebut, bakal berdampak positif bagi masyarakat Kabupaten Sarolangun, selain memanfaatkan hasil dari tiga pabrik tersebut, juga bisa menyerap tenga kerja dan akhirnya bisa menekan angka pengangguran, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sarolangun.

Drs H Cek Endra dihadapan ribuan masyarakat Kabupaten Sarolangun kemarin mengatakan, dengan peletakan batu pertama pabrik pengolaan ubi kayu tersebut, akan menjawab kebutuhan masyarakat saat ini, sebab ditengah himpitan ekonomi yang disebabkan komoditi karet dan sawit belum bergairah, dirinya minta pada masyarakat Kabupaten sarolalangun mulai beralih ke sektor pertanian, yaitu menanam ubi kayu.

“Untuk pemasaran tidak perlu ragu, insya Allah ada yang membeli ubi kayu kalian, mari mulai memanfaatkan lahan tidur yang kita miliki dengan menanam ubi kayu, saat ubi kayu itu mulai panen, pabrik ini sudah mulai beroperasi, dan mereka siap menampungnya,”ujar Cek Endra.

Program seperti ini, ternyata mendapat perhatian tersendiri bagi Pemerintah Provinsi Jambi, seperti yang diungkapkan Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Dra Hj Mualimah M Pd, dirinya sangat mengapresiasi atas langkah-langkah atau terobosan yang diambil Bupati Sarolangun, sebab memahami betul apa yang dibutuhkan masyarakatnya, dan itu tidak semua kepala daerah yang bisa melakukan hal besar seperti yang dilakukan bupati sarolangun.

“Sekali lagi saya juga mengajak masyarakat untuk mendukung upaya bapak bupati, minimal setiap rumah harus menanam sepuluh rumpun ubi kayu,”ujar Mualimah. (so10)