sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

54 Sekolah Urung Laksanakan UNBK

Terkendala Komputer dan Jaringan Internet

MUARABULIAN- Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kabupaten Batanghari akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2018 mendatang. Namun, masih banyak sekolah yang tidak bisa mengikuti program UNBK.

Data yang diperoleh menyebutkan, saat ini tercatat ada 34 SMP dan MTS yang akan melaksanakan UNBK. Sedangkan 54 SMP dan MTS lainnya, masih melaksanakan ujian nasional (UN) menggunakan kertas dan pensil atau yang biasa disebut Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Ada 54 sekolah menengah pertama ujian nasional masih menggunakan pensil dan kertas,” ujar Kemas Isa, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari.

Kurangnya sarana dan prasarana yang menyebabkan hal tersebut tidak bisa di ikuti oleh sejumlah sekolah. Diantaranya tidak adannya sarana dan prasarana penunjang seperti komputer dan jaringan internet. Sehingga sejumlah sekolah masih melaksanakan ujian nasional menggunakan kertas dan pensil.

“Kurangnya sarana dan prasarana penunjang di 54 sekolah tersebut menjadi penyebabnya,” jelasnya.

Selain itu, letak beberapa sekolah juga menjadi salah satu faktornya. Dimana sejumlah sekolah baik itu SMP atau MTS berada jauh di pelosok daerah. “Kebanyakan sekolah di wilayah kita letaknya berada di pelosok desa, di sana tentu saja jaringan internet susah dijangkau,” kata Kemas Isa.

Ada yang menjadi alternatif kedepannya, yakni sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis UNKP tersebut menumpang di sekolah lainnya, yakni SMA. Tapi ini bukan menjadi alternatif utama. Sebab, ada aturan mengenai jarak antara sekolah yang ditumpangi maksimal berjarak 5 km dari sekolah yang menumpang.

“Boleh menumpang di sekolah lain, tapi jarak antara sekolah tersebut maksimal 5 kilometer,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, 54 sekolah yang melaksanakan UNKP tersebut terdiri dari 16 SMP negeri, 9 SMP satu atap, 7 SMP swasta, 5 MTS negeri, dan 17 MTS swasta. Sedangkan 34 sekolah yang melaksanakan UNBK yakni 19 SMP negeri, 1 SMP satu atap, 3 SMP swasta, 3 MTS negeri, dan 8 MTS Swasta.

Selain UNBK dan UNKP SMP, sekolah di Kabupaten Batanghari, akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Naional (USBN). “Jumlah siswa yang mengikuti USBN sebanyak 10.148 orang dari 223 SD dan 89 SMP,” tandasnya.(hur)