sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

49,6 Miliar untuk Jalinsum Sarolangun

Ibnu Ziady

SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten Sarolangun terus berupaya menggaet dana dari pusat untuk menunjang pembangunan insfrastruktur jalan di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko. Kabar terbaru Kabupaten Sarolangun dapat kucuran dana APBN sebesar Rp 49,6 Miliar untuk pelebaran jalan Lintas Sumatera.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun Ibnu Ziady, ST, MH, saat ditemui media ini di ruang kerjanya (10/10) menyebutkan, ada empat titik jalan nasional yang diusulkan untuk pelebaran ke pemerintah pusat.

‘’Usulan tersebut juga yang menjadi poin pembicaraan Pak Bupati H Cek Endra dengan Menteri Pekerjaan Umum RI di Jambi kemarin saat Rakor Gubernur se Sumatera,’’ kata Ibnu Ziady.

Ke empat titik jalan tersebut katanya, Jalan Lintas Sumatera dari Simpang Kantor Bupati ke batas kota Desa Muara Danau, Jalan Lintas Sumatera Pasar Singkut, Jalan Simpang Empat Jambi sampai batas kota Pulau Pinang serta Jalinsum dari Bernai hingga batas kota di Desa Sungai Abang.

‘’Yang baru dikabulkan Jalinsum Bernai hingga batas Kota Desa Sungai Abang, tahun ini akan dimulai pembangunan dengan anggaran Rp 49,6 Miliar untuk pelebaran dengan panjang 3,5 kilometer dari depan SPBU Bernai sampai batas Kota Desa Sungai Abang,’’ kata Ibnu Ziady.

Pembangunan jalan tersebut katanya akan dimulai tahun ini dan akan selesai tahun 2018.

‘’Dibangun denga multy years dari APBN murni, kegiatan di Balai Jalan Kementerian PU, akan selesai tahun depan,’’ katanya.

Sedangkan untuk tiga titik jalan lainnya, kemungkinan pemerintah pusat akan mengucurkan dana pada tahun 2019.

Selain itu menurut Ibnu Ziady, tahun ini dengan menggunakan APBD Kabupaten Sarolangun dilakukan pembangunan median jalan jalur dua di jalinsum depanj SPBU Tanjung Rambai.(so9)