sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

3.244 Warga Sarolangun Tak Masuk DPT Tetap Bisa Memilih

KPU : Tampak divisi pemutakhiran data pemilih tengah melakukan monitoring pendataan pemilih. Photo : hamzah

SAROLANGUN-190.940 warga Sarolangun sudah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan kepala daerah tanggal 15 Februari 2017 mendatang, sehingga belasan ribu warga tersebut sudah memiliki hak pilihnya.

Hanya saja saat penetapan DPT tersebut masih ada 3.244 warga yang belum masuk DPT, sehingga haknya untuk menyampaikan hak pilih masih dipertanyakan, apakah diperbolehkan atau tidak.

Ahyar SThI, Ketua KPU Sarolangun belum lama ini mengatakan, pada prinsipnya warga yang masuk data 3.244 tersebut bisa menyampaikan hak pilihnya. Asalkan membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau surat keterangan dari Disdukcapil Sarolangun.

“Tidak ada masalah, selagi mereka melampirkan KTP-el atau surat keterangan tetap bisa memilih,”ujar Ahyar.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kadis Dukcpil Sarolangun Khalil SH mengaku sampai saat ini belum ada warga yang mengurus KTP atau surat keterangan untuk mendapatkan hak pilihnya, begitupun secara kolegtif yang disampaikan pihak penyelenggara atau kelompok masyarakat lainnya.

“Kemarin saya dengar ada PPK yang mau membawa berkas pemilih yang belum masuk DPT tersebut, namun sampai saat ini belum ada yang datang, walaupun ada mungkin secara perorangan,”terangnya.

Ditegaskannya, jika ada warga yang datang secara kolegtif atau kelompok untuk membuat surat keterangan sebagai syarat mendapatkan hak pilihnya, akan diproses secepat mungkin.

“Untuk KTP mungkin belum bisa karena blangkonya habis, tetapi kalau untuk surat keterangan pasti kami keluarkan,”tandasnya.(so10)