sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

27 Merek Ikan Makarel Kaleng Positif Cacing

Disperindag Provinsi Jambi Keluarkan Surat Edaran

JAMBI – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali mengumumkan perkembangan temuan terkait ikan makarel mengandung parasit cacing.

Dalam siaran resmi BPOM, setelah melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merk, BPOM menemukan 27 merek (138 bets) positif mengandung parasit cacing. Terdiri dari 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri

Baca Juga : Meski Diterpa Kabar Sarden Bercacing Pedagang Tidak Merasa Resah

BPOM juga sudah melarang produsen merek-merek tersebut mengimpor atau memproduksi untuk sementara.

27 produk sarden Ikan makarel kaleng yang positif mengandung parasit cacing yakni ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, DR Firs, Farmer Jack, Fiesta Seafood, Gaga, HOKI, dan Hosen. Kemudian, Jojo, IO, Naraya, Poh Sung, Pronas, Sempio, TLC, TSC, Maya, Nago/Nagos, Pesca, LSC, Ranesa, S&W, serta Kings Fisher.

Baca Juga : Di Sarolangun Tidak Ditemukan Sarden Bercacing

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi langsung mengeluarkan surat edaran tertanggal 29 maret 2018, yang isinya atas nama Kepala Dinas yang membidangi perdagangan Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi, agar segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penguatan pengawasan dan turun kelapangan ke semua toko/pasar yang menjual produk tersebut diwilayah masing-masing.

Baca juga: Tim BPOM Telusuri Outlet Produk Sarden Mengandung Cacing

Dalam surat edaran tersebut juga diminta kepada para pedagang yang menjial produk sarden Ikan makarel kaleng agar segera melakukan penarikam dan dilarang keras untuk memperjual belikan kepada masyarakat luas.

Surat edaran tersebut langsung ditanda tangani oleh kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah. (mar)