sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

2017, E-Monev Akan Diterapkan di Sarolangun

h-sarbaini
Kakan PDE Sarbaini

SAROLANGUN – Tahun 2017 mendatang Kantor Pelayanan Data Elektronik (KPDE) Kabupaten Sarolangun, akan melakukan program baru dengan menerapkan sistim Elektronik Menitoring Evaluasi atau yang di singkat dengan E-Monev.

Kakan PDE Sarbaini, kemarin (28/11) saat dikonfirmasi harian ini menyebutkan, E-Monev ini merupakan aplikasi tentang monitoring dan evaluasi secara elektronik. Sehingga lebih mudah dipantau bagaimana grafik penyerapan anggaran dan kinerja tiap SKPD dalam jajaran Pemda Sarolangun.

“Akan diterapkan tahun 2017 mendatang. Kita sudah punya aplikasinya, sama dengan aplikasi Lombok Tengah. Tujuan, memantau SKPD, serapan anggaran dan pencapaian, DPRD sudah menyetujui, tinggal lagi kita akan rancang Perdanya,’’ katanya.

Dengan adanya program tersebut, siapa saja bisa memantau langsung pencapaian kinerja SKPD, asal bisa terhubung dengan internet setelah membuka situs yang resmi dari KPDE Sarolangun.

“Bisa memantau, bukan hanya SKPD tapi mssyarakat luas juga bisa memantau, setelah buka aplikasi terkait, jadi terlihat jelas mana SKPD yang belum bekerja, bisa lewat telepon atau computer,’’ jelasnya.
Selain itu, tahun ini KPDE Sarolangun sudah menerapkan sistim E-Office, yakni surat menyurat secara elektronik artinya surat masuk dan keluar serta disposisinya secara online.”E-office yang ada sekarang, kita terapkan, masalah surat menyurat. Mengenai surat masuk secara online, dan bisa dilakukan disposisi. Jadi kita tidak manual lagi,” sebutnya.

Ketika ditanya, SKPD mana yang sudah menerapkan E-Office ini, ia menyebutkan baru KPDE sementara yang lain masih secara manual. Namun, ia mengaku sudah melakukan pelatihan kepada tiap SKPD, sehingga tergantung dengan kebijakan instansi terkait apa mau melaksanakannya atau tidak.

“Ini sudah di buat pelatihan di semua SKPD, tinggal lagi sarana prasarana. Kalau jaringan cukup dan tentunya kebijakan pemimpin.
Saya kalau lagi di luar daerah atau di rumah, bisa mendisposisi surat masuk. Dengan menggunakan aplikasi ini, sudah hampir setahun kita terapkan,’’tandasnya.(mg1)