sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

2016, Belasan Anak di Sarolangun Tersandung Hukum

Hanya 9 Anak Dilakukan Diversi

SAROLANGUN-Berdasarkan data yang dimiliki Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sarolangun selama tahun 2016 lalu, belasan anak tersandung kasus hukum. Sementara yang berhasil Diversi (Pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana) hanya 9 orang saja. Sementara yang tidak dapat diversi berjumlah 8 orang dan terpaksa menjalani hukuman.

Tampak Pos Bapas yang berada di komplek Lapas Sarolangun. Poto:birin

‘’Ada sekitar sembilan orang yang berhasil kita diversikan ditahun 2016 kemarin, sementara 8 orang anak lainnya tidak dapat kita diversikan dan meraka harus menjalani hukuman,’’ ujar Nasrul, SPd, Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK-Bapas) kepada harian ini.

Dirinya juga menjelaskan, beberapa orang anak yang tidak dapat diversi tersebut melakukan kejahatan dengan vonis hukuman di atas enam tahun.

‘’Jadi yang tidak dapat kita bantu kasus anak ini melewati diversi itu tadi, karena vonisnya sudah melewati enam tahun ditambah lagi mereka umurnya sudah diatas 16 tahun,’’ ucapnya lagi.

Sementara berdasarkan informasi yang dapat dirangkum oleh wartawan Sarolangun Ekspres diawal tahun 2017 ini sudah tercamtum 1 kasus anak yang sudah dipolisikan. Namun perkara tersebut dapat dilakukan diversi, sehingga anak tersebut dapat dikembalikan kepada orang tuannya.(s030)