Warga Tangkap Buaya Sepanjang Tiga Meter

TANGKAP : Buaya yang ditangkap warga. Photo : hendri

MUARASABAK – Warga Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menangkap, pada Jum’at (24/8) menangkap Buaya Muara di sungai Blok E. Buaya dengan panjang 3 meter tersebut, langsung dijemput Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi untuk di evakuasi ketemapat lebih aman.

Kepala BKSDA Jambi, Faried saat dikonfirmasi Minggu (26/8) kemarin mengatakan, proses evakuasi dilakukan pada Sabtu (25/8). Reptil besar tersebut dibawa menggunakan mobil dari lokasi penangkapan oleh warga. “Ya, buayanya sudah kita evakuasi untuk dilepaskan di kawasan konservasi yang ada di Jambi, dan jauh dari pemukiman masyarakat,” kata Faried.

Selain itu dikatakannya, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di sungai. “Kan tidak semua buaya yang ada disungai itu nakal, ada juga yang tidak. Kalau ada lagi yang ditemukan, silahkan dilapor ke Tim kita,” sebutnya.

Selain itu, Faried membenarkan, jika akhir-akhir ini prilaku buaya-buaya di Wilayah perairan Tanjabtim cukup agresif. “Mungkin ini, karena faktor cuaca sehingga buaya-buaya cukup liar,” sebutnya.

Seperti diketahui, Buaya seberat 250 Kg itu ditangkap warga Pandan Jaya saat hendak  memancing ikan di Sungai Timun pada Jum’at (24/8) sekira pukul 03.00 WIB. Reptil besar ini ditangkap karena hendak memangsa kambing warga setempat. “Warga menangkap buaya besar tersebut, dengan peralatan seadanya tanpa melukai Buaya itu,” tukasnya.(Hen)