Warga Lubuk Sayak Desak Inspektorat Umumkan Hasil Pemeriksaan Laporan Dugaan Penyelewengan Dana Desa

Perwakilan Warga Desa Lubuk Sayak kecamatan Pelawan saat mendatangi Kantor Inspektorat sarolangun. Poto: ist

SAROLANGUN-Warga Desa Lubuk Sayak Kecamatan Pelawan mendesak Inspektorat Kabupaten Sarolangun segera mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap laporan dugaan penyelewengan dan penyimpangan dana desa tahun 2017 di desa tersebut.

Juma’t lalu (4/5) sejumlah perwakilan masyarakat termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mendatangi Inspektorat Kabupaten Sarolangun guna mempertanyakan hasil audit terhadap pengunaan dana desa di Desa Lubuk Sayak. Sebab, Inspektorat Kabupaten Sarolangun beberapa waktu yang lalu telah turun ke desa tersebut guna memeriksa sejumlah pekerjaan yang didanai dari Dana Desa tahun 2017.

Baca Juga: Warga Lubuk Sayak Laporkan Dugaan Penyelewengan Dana Desa

‘’Kami sengaja datang ke sini (inspektorat, red) guna mempertanyakan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu,’’ kata Kamaluddin, salah satu tokoh masyarakat yang datang ke inspektorat.

Menurut Kamaluddin, persoalan yang terjadi di Desa Lubuk Sayak tak bisa dibiarkan berlarut-larut, karena akan menimbulkan konflik ditengah masyarakat.

‘’Inspektorat harus transparan, jangan ada yang ditutupi, apa hasil temuan sampaikan secara terbuka, sehingga tak menimbulkan prasangka yang tidak bagus di tengah masyarakat,’’ tandasnya.

Sementara itu, kedatangan warga Lubuk Sayak diterima perwakilan inspektorat, Ali Yasak dan Hardiansyah. Dihadapan warga Ali Yasak mengatakan, proses pemeriksaan hampir rampung dan secepatnya akan disampaikan ke Bupati Sarolangun.

‘’Pemeriksaan lapangan dan pihak yang terkait sudah selesai kita lakukan, saat ini kami sedang proses penyusunan laporan, kalau sudah selesai akan kami sampaikan ke Bupati Sarolangun,’’ katanya.

Menurut Ali Yasak, dalam melakukan pemeriksaan, tidak ada yang ditutupi dan inspektorat tidak ada keberpihakan kepada siapapun.

‘’Semua hasil temuan kami akan disampaikan ke Bupati, nanti bupati yang akan mengambil tindakan, saat ini tim sedang bekerja,’’ katanya.

Berita selengkapnya>>>>