Tumbuhkan Minat Baca Lewat Perpustakaan Keliling

Anak-anak SAD ramai mendatangi Mobil Perpustakaan keliling milik DPAD Sarolangun diacara P2W-KSS tingkat Provinsi di desa Jernih, Kecamatan Air Hitam

Berkunjung ke Desa dan Sekolah

SAROLANGUN – Dinas Perpustakaan dan Arsipan Daerah (DPAD)Kabupaten Sarolangun terus berupanya menumbuhkan minat baca masyarakat, mulai dari kota hingga pedesaan.

Salah satu upaya yang dilakukan DPAD untuk lebih memudahkan masyarakat desa untuk membaca buku adalah dengan meoptimalkan perpustakaan desa dan perpustakaan keliling.

Dengan bermodalkan Mobil Perpustakaan keliling bantuan dari APBN melalui anggaran Perpustakaan Nasional, DPAD rutin berkunjung kedaerah pemukiman warga dan memberikan pinjaman koleksi buku-buku kewarga secara gratis.

Kepala Dinas DPAD Kabupaten Sarolangun Ali Amri memonitor langsung aktifitas mobil perpustakaan keliling. 

“ Kami menargetkan Perpustakaan Keliling bisa menjangkau semua desa, dan perpustakaan keliling ini ada disetiap kecamatan,” terang Dian, Kabit Pelayanan Dinas DPAD Sarolangun.

Selain itu, menurut Dian, Pihaknya juga rutin mengagendakan kujungan mobil Perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Sarolangun serta ikut serta dalam setiap ada event yang diselenggarakan pemerintah maupun pihak swasta. Mobil perpustakaan keling tersebut juga sudah beberapa kali mendatangi pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di kecamatan Air Hitam.

“Seperti pada acara P2W-KSS tingkat Provinsi di desa Jernih,Kecamatan Air Hitam,kami juga turut andil turun kesana membawa ribuan buku supaya warga lebih leluasa membaca buku sesuai dengan ilmu yang dibutuhkan, sekaligus mensosialisasikan bahwa perpustakaan sebagai jendela dunia, sehingga minat baca masyarakat meningkat,” terangnya.(so30)