Advertisement
ADVERTORIAL SEPUTAR SAROLANGUN

Tingkatkan SDM Karyawan, PDAM TSB Adakan Character Building Training

Erna Dharma, Cek Endra, Thabroni dan Sargawi

SAROLANGUN-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sako Batuah (PDAM TSB) Kabupaten Sarolangun mengadakan Character Building Training dengan tema ‘Bangun Karakter Diri Guna Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan kepada Pelanggan. Acara tersebut berlangsung 19-22 Desember 2018 di Ballroom Abadi Hotel Sarolangun dibuka langsung Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Rabu (19/12) pagi didampingi Dewan Pengawas PDAM yang juga Sekda Sarolangun Drs H Thabroni Rozali, MM.

Direktur PDAM TSB Sargawi, ST, saat menyampaikan laporan menyebutkan, pelatihan Character Building ini membekali peserta tentang jati diri, konsep diri, kualitas diri, pola pikir, kebiasaan, sikap, dan perilaku kerja insan perusahaan. Pelatihan ini akan membantu mengubah perilaku karyawan agar perilaku kerja mereka selaras dengan visi dan misi perusahaan.

‘’Kami sangat bangga busa mengadakan workshop atau diklat ini, kami memandang sangat perlu karena karyawan adalah aset penting yang harus dibina menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai kompetensi mumpuni. Saya yakin dengan karekter yang baik bisa membangun pelayanan yang baik,’’ katanya.

Pelatihan Character Building diadakan selama empat hari dengan 50 peserta yang merupakan karyawan PDAM TSB. Karena banyaknya kegiatan, belum semua karyawan mengikuti Pelatihan Character Building tersebut. ‘’Kegiatan ini sudah direncanakan untuk program peningkatan SDM karyawan,’’ katanya.

Sementara itu Bupati Sarolangun H Cek Endra menyebutkan, PDAM merupakan penyedia air yang menyangkut hajat hidup orang banyak. ‘’Pasti yang menilai orang banyak, bukan saya yang menilai, masyarakat bisa melihat langsung baik buruknya pelayanan,’’ katanya.

Bupati menyalami pegawai PDAM

Baik buruknya pelayanan kata Bupati, tergantung kualitas SDM para karyawan. Untuk itu, pelatihan Character Building sangat penting. ‘’PDAM perlu berbenah diri, semua karyawan melalui training ini dapat meningkatkan performance (daya kerja, red) yang dimulai dari diri pribadi masing-masing,’’ kata Bupati.

Bupati juga berpesan kepada PDAM, untuk selalu mengutamakan hak pelanggan yakni terpenuhinya kebutuhan air bersih bagi pelanggan. ‘’Kepala unit disetiap kecamatan harus meningkatkan kinerja dan berinovasi dan selalu mengutamakan tertib administrasi,’’ katanya.

Menariknya, dalam acara Pelatihan Character Building, panitia menghadirkan pemateri seorang motivator handal Erna Dharma dari Trana Consulting Jakarta. Dalam acara tersebut juga hadir sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.(so9/adv)