Tim Tekhnis akan Diturunkan Mengkaji Penyebab Keretakan Rumah Warga Tanjung Rambai

MEDIASI: Mediasi pihak perusahaan bersama perwakilan masyatakat terkena dampak langsung. Poto:wahid

SAROLANGUN-PT Metalic Baru Sinergi (MBS) dan PT Caritas Energi Indonesia (CEI) akan segera menurunkan tim tekhnis ke lapangan, dalam mengkaji keretakan rumah warga yang terkena dampak langsung, akibat kegiatan alat berat di wilayah stockfile batu bara,  Tanjung Rambai,  Kelurahan Gunung Kembang.

Hal itu dikatakan, Bobi Manurung, Legal di PT KBB, pemegang konsesi wilayah pertambangan, PT MBS dan CEI, Kamis (19/04) kemarin,  usai melakukan mediasi bersama perwakilan warga yang terkena dampak langsung,  di Kelurahan Gunung Kembang,  yang dihadiri manager PT CEI Aris dan Koordinator warga terkena dampak langsung Wawan bersama masyarakat lainnya.

Dikatakan Bobi, Tim tekhnis ini terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serta tim dari perusahaan dan masyarakat.  Tim itu katanya akan mengkaji penyebab keretakan rumah warga itu,  apakah memang disebabkan oleh aktivitas perusahaan atau tidak.

Bahkan ia juga mengaku pihak perusahaan sudah pernah mendatangi rumah warga yang mengalami keretakan tersebut. Namun, pihak perusahaan tetap belum bisa menyimpulkan apakah itu dampak kegiatan perusahaan atau bukan.

“Sudah ada kita lihat rumah warga sekitar tiga rumah tapi kita belum tau apa itu akibat kegiatan kita. Kalau memang itu bisa dihasilkan tim tekhnis terkait, perusahaan siap mengganti sesuai aturan yang ada, berdasarkan anjuran dan rekomendasi tim tekhnis,’’ jelasnya.

Selain itu, dalam waktu dekat ini katanya, pihaknya akan melakulan sosialisasi ke masyarakat soal pembentukan Memorandum of Agreement, (MoA) yang saat ini sudah ada draftnya, dan dalam draft itu katanya sudah tertuang apa keinginan masyarakat. (so31)