Tiga Parpol Dipastikan Tak Dapat Kursi

SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun telah selesai menerima pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari partai politik.Penyerahannya berakhir pada Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB.

Dari 16 Parpol peserta Pemilu 2019, hanya 13 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya. Ketiga Parpol yang tidak menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU Sarolangun,yaitu Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PKPI.

“Ketiga Parpol tersebut ditunggu hingga pukul 24.00 WIB tidak kunjung datang, hingga waktu berakhir ketiga Parpol tersebut tidak mendaftarkan ke KPU. Ketiganya dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti Pileg2019 di Kabupaten Sarolangun,’’ kata Muhammad Fakhri, Ketua KPU Sarolangun, kemarin.

Baca juga: 560 Caleg Berebut 35 Kursi DPRD Sarolangun

Pihaknya menurut Fakhri mengaku tidak mengetahui alasan tiga Parpol tidak melakukan pendaftaran Bacaleg.

“Kita terus melakukan komunikasi dengan semua parpol karena juga ada group WA bersama KPU dan Parpol, pihak parpol tidak menyampaikan alasan ataupun kendala mengapa tidak mendaftarkan daftar bacaleg,” jelasnya Fachri lagi.

Ia menegaskan, konsekuensi dari tidak dilakukan pendaftaran bacaleg oleh parpol yang bersangkutan, dapat dipastikan parpol tidak akan memperoleh kursi di DPRD Sarolangun.

Baca: Bacaleg Terancam Gagal Jika Tetap Melakukan Kampanye di Medsos

“Ya, konsekuensinya yang jelas dapat dipastikan tiga parpol tersebut tidak dapat jatah kursi di di DPRD Sarolangun, periode 2019 – 2024, ” kata Fahkri.

Sementara itu dari pendaftaran itu pihaknya akan melakukan verifikasi berkas daftar bacaleg dari tiga belas Parpol yang melakukan pendaftaran.(so9)