KECAMATAN MANDIANGIN SEPUTAR SAROLANGUN

Tiga Desa di Kecamatan  Air Hitam Terendam Banjir

BANJIR: Tampak Camat Air Hitam saat meninjau banjir. Poto: birin

SAROLANGUN-Diguyur hujan lebat selama beberapa hari Kecamatan Air Hitam dilanda banjir sejak Selasa dini hari (27/12). Akibat banjir ini tercatat sebanyak 124 rumah warga terdampak banjir. Diantaranya 60 rumah di Desa Baru, 30 rumah di Desa Semurung dan 34 rumah di Desa Lubuk Jering.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Sarolangun Ekspres, terjadinya banjir diakibatkan meluapnya air sungai yang berada dari sungai di tiga desa tersebut yang menginduk dari sungai Air Hitam.

Seperti Desa Baru terjadinya bajir akibat aliran Sungai Nilo. Di Desa Semurung banjir akibat meluapnya air Sungai Cingkarang. Sementara di Desa Lubuk Jering banjir disebabkan oleh sungai yang sama yakni sungai yang mengalir dari induknya air Sungai Air Hitam.

Tidak cuma itu saja, berdasarkan laporan Camat Air Hitam Suryadi, saat dikonfirmasi oleh harian ini, mengatakan, di Desa Baru 15 hektar sawah terdampak banjir.

‘’Kalau rumah yang terendam kemarin mencapai kurang lebih 124 rumah, 60 rumah di desa Baru, 30 rumah di desa Semurung dan 34 rumah di desa Lubuk Jering,’’ terangnya.

“Kalau kebun saat ini saya belum menerima laporan dari masyarakat. Namun yang saya ketahui hingga kini ada sekitar 15 Hektar sawah yang terendam, dari total 18,7 hektar sawah yang berada di Desa Baru,’’tambahnya lagi.

Meski terjadi banjir dengan ketinggian 25 centimeter hingga mencapai 75 centimeter, Camat Air Hitam menerangkan bahwa tidak ada satupun warganya yang mengungsi ketempat lain.

‘’Yang mengungsi tidak ada,’’ ujarnya.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada jatuh korban. ‘’Kalau saat ini air sudah surut,’’ katanya.(so30)