Terlibat Parpol, Lima Pendaftar PPK Dinyatakan Tidak Lulus

TES TERTULIS: Tampak calon PPK saat mengikuti tes tertulis, kemarin. Poto:wahid

SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun, mulai melakukan rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019 mendatang. Setelah melalui tahapan pendaftaran calon anggota PPK,  pada 25-31 Januari yang lalu, hingga dilakukan tahapan seleksi administrasi pada 01-05 Februari yang lalu, saat ini sudah memasuki tes tertulis bagi para calon PPK dari semua kecamatan.

Dari sebanyak 146 orang yang mendaftarkan diri, ada lima orang yang tidak lulus seleksi administrasi karena ditemukan kekurangan berkas. Bahkan ada terindikasi masuk partai politik. Tes tertulis dilaksanakan oleh penyelenggara rekrutmen dari KPU dan diawasi oleh Panwaslu Sarolangun, Selasa (06/02) kemarin, diikuti 141 orang yang dinyatakan lulus administrasi setelah melalui tahapan penelitian.

Ketua KPU Sarolangun, Akhyar, saat diwawancarai mengatakan, bahwa tes tertulis ini hanya dilaksanakan satu hari di SD 03 Sarolangun, Kelurahan Pasar Sarolangun. Para peserta sebanyak 141 orang dari seluruh kecamatan dibagi dalam empat lokal. Lalu diberikan tes berupa lembaran soal yang mesti dijawab dengan benar oleh peserta.

“Tes tertulis cuma satu hari,  dan tes wawancara sudah pengumuman tes tertulis.  Pesertanya tersebar dari seluruh kecamatan,  dari 146 orang mendaftar, lima orang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi,” katanya.

Kemudian ia juga menjelaskan sesuai Undang-undang No 7 tahun 2017, jumlah PPK yang akan diterima hanya sebanyak tiga orang tiap kecamatan. Dimana sebelumnya jumlah anggota PPK ada lima orang. Dengan demikian,  dari 141 orang yang ikut tes terulis ini,  hanya diterima 30 orang dari 10 kecamatan yang ada.

“Tanggal 08 Maret nanti akan diumumkan siapa yang lulus dan akan kita lantik,”jelasnya.(so31)