Terkendala SPJ, Tujuh Desa Belum Cairkan DD Tahap II

SAROLANGUN-Pencairan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2018 sepertinya belum rampung, sebab dari 149 desa yang ada di Kabupaten Sarolangun, baru 142 desa yang sudah mencairkan dana desa tahap II, sedangkan tujuh desa lainnya belum melakukan pencairan.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sarolangun, tujuh desa tersebut adalah Desa Mersip Kecamatan Limun, Desa Pulau Aro dan Batu Putih Kecamatan Pelawan, Desa Mandiangin dan Desa Mandiangin Pasar Kecamatan Mandiangin, Desa Baru Kecamatan Air Hitam dan Desa Bukit Talang Mas Kecamatan Singkut.

“Jika ditotalkan sebesar RP 2,1 milyar,”ujar Emalia Sari SE Kepala BPKAD Sarolangun melalui Sekban, Kasiyadi, kemarin (12/7).

Dijelaskannya, hal itu terjadi karena para kepala desa belum bisa menunjukkan surat pertanggungjawaban dana desa tahap I, yang sudah dicairkan beberapa waktu lalu.

“Silakan kades sampaikan SPJ tahap I, dan tahap II nya siap dicairkan,”terang Kasiyadi.

Disinggung kapan waktu terakhir pencairan dana desa tersebut, Kasiyadi tidak bisa menerangkan waktu pastinya, namun diharapkan para kades yang belum mencairkan dana desa tahap II segera menyelesaikan pertanggung jawabannya.

”kalau bisa secepat mungkin, kasihan desanya dirugikan tidak ada pembangunan,”tandasnya.(so10)